Main Area

Main

Jaga Kamtibmas, Tripidis Ajak Warganya Hindari Berita Hoax

Foto bersama Tripidis wilayah Kuala Kencana bersama aparat kampung,aparat kelurahan dan tokoh-tokoh masyarakat seusai acara Coffe Morning/Foto : Tim/TabukaNews.Com

Timika,TabukaNews.com – Dalam menjaga daerah yang aman dan tenang maka satu hal yang paling utama adalah menjaga kamtibmas bersama dan menghindari dengan menyebarkan berita maupun informasi hoax.

Hal ini disampaikan Tiga Pejabat Distrik (Tripidis) wilayah Kuala Kencana,yakni Kepala Distrik, Kapolsek dan Danramil dalam acara bertajuk Coffee Morning, Jumat (18/10) bersama aparat Kampung serta aparat Kelurahan dan tokoh masyarakat di wilayah Distrik Kuala Kencana Kabupaten Mimika,Papua.  yang berlangsung di ruang pertemuan kantor  Distrik Kuala Kencana.

Danramil 1710-03 Kuala Kencana, Kapten Inf. Abdul Munir yang mengawali kegiatan, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk menjalin silahturahmi bersama.

"Untuk kamtibmas di wilayah pada umumnya Kabupaten Mimika sangat kondusif dan aman. Dan saya mengajak mari kita sama-sama tetap menjaga keamanan dan kedamaian,"kata Danramil Kuala Kencana.

Terkait dengan berita-berita hoax, Danramil mengajak aparat kampung untuk memperhatikan dengan baik karena akan menimbulkan atau mengakibatkan permasalahan.

"Jadi bagi aparat kampung, serta aparat kelurahan dan tokoh masyarakat untuk bisa mensosialisasikan kepada masyarakatnya untuk tidak mudah terprovokasi. Karena sudah banyak kejadian-kejadian seperti didaerah tetangga kita yakni di Wamena itu adalah akibat dari berita hoax yang tidak bisa dikaonter kemudian ditelaah mentah-mentah akhirnya merugikan orang banyak,"katanya.

Menambahkan, terkait berita hoax masyarakat jangan sekali-kali menyebar luaskan di media social (mesos), Karena jaman sekarang canggih sehingga akan dilacak.

"Kalau sebarkan maka itu jadi celakah bagi diri sendiri. Sudah ada beberapa bukti kasus berita hoax ini berhasil ditangani oleh pihak Kepolisian Mimika,"ujarnya.

Kapolsek Kuala Kencana Iptu Yulius Harikatang, dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada pihak Distrik Kuala Kencana yang sudah melaksanakan kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini sangat penting supaya situasi yang kondusif aman dan damai ini tetap terjaga,'ucapnya.

Lanjut Kapolsek mengatakan bahwa menyangkut keamanan yang terjadi secara umum di Papua dan khusus di Kabupaten Mimika,itu dimana Kabupaten Mimika biasanya baru ada kejadian karena dampak adanya kejadian dari luar.

"Jadi mari kita sama-sama kerjasama dalam menjaga kamtibmas," katanya

Kapolsek juga mengingatkan, terkait berita hoax itu perlu diperhatikan dengan serius oleh semua masyarakat,karena apabila berani menyebarkan maka akan berhadapan dengan hukum yang berlaku.

"Ini jangan main-main ya. Sudah terbukti ada yang sudah diproses hukum dimana saya sama Danramil jadi korban pada kegiatan rakerda di SP12 dimana kita diundang dan dimintai berikan himbauan kamtibmas ,namun ada oknum yang memposting dengan berita bohong," kisahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek juga mengajak masyarakat untuk menjaga kamtibmas dan mendukung proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

Sebelum mentutup sambutan kegiatan tersebut, Kepala Distrik Kuala Kencana, Everth Hindom memperjelas kembali apa yang disampaikan oleh Danramil dan Kapolsek itu menjadi atensi aparat kampung hingga kelurahan demi keamanan dan ketrtiban bersama di Distrik Kuala kencana.

"Jadi selesai kegiatan ini semua aparat kampung, aparat kelurahan untuk kembali sosialisasikan ke masing-masing masyarakatnya," katanya.

Kadistrik menegaskan, terkait dengan berita hoax yang ada di medsos itu juga penting, karena ketika diproses hukum selaku Kadistrik tidak punya hak untuk mengintervensi hukum.

"Oleh karena itu bijaklah dalam menggunakan kata-kata," ujarnya. 

Kadistrik juga mengajak masyarakat agar mendukung proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang akan berlangsung pada tanggal 20 Oktober mendatang.

"Mari kita dukung dengan menjaga keamanan,sebab keamanan bukan tanggung jawab TNI/Polri tapi kita semua,"ungkapnya.(tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika