Main Area

pesparawi xiii

Main

Isu PSU Untuk 80 TPS di Mimika Tidak Benar

Ketua Bawaslu Kabupaten Mimika Yonas Yanampa./Foto: Ricky Lodar

Timika, Tabukanews.com - Sebanyak 80 TPS di Kabupaten Mimika yang diisukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) langsung ditepis oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Mimika.

Ketua Bawaslu Kabupaten Mimika Yonas Yanampa ketika ditemui menepis adanya isu PSU terhadap 80 TPS melainkan sebanyak 7 TPS yang diindikasi terjadi PSU di Kabupaten Mimika.

7 TPS tersebut diantaranya, 5 TPS berada di Distrik Mimika Baru dan 2 TPS berada di distrik Kuala Kencana.

"Info PSU untuk 80 TPS di Timika itu tidak benar, yang benar adalah 7 TPS yang diindikasikan PSU sesuai hasil pengawasan Bawaslu Kabupaten," kata Yonas Yanampa ketika ditemui di gedung Eme Neme Yaware (ENY), Senin (22/4).

7 TPS yang melaksanakan PSU dikarenakan adanya temuan dan data yang valid pada saat proses pemilihan suara, sehingga pihak Bawaslu akan mengingatkan kepada pihak KPU untuk menindaklanjuti laporan tersebut dengan melaksanakan PSU.

"Kami (Bawaslu) akan pastikan dan mengingatkan kepada KPU untuk menyikapi hal itu," ungkapnya.

Ia menjelaskan, sejumlah surat suara yang dicoblos sendiri secara terang-terangan bahkan pencoblosan yang dilakukan tidak mengandung asas Langsung Umum Bebas Rahasia (Luber), sehingga temuan tersebut harus ditindaklanjuti setelah adanya laporan yang masuk kepada Bawaslu dan selanjutnya pihak Bawaslu mengingatkan kepada KPU.

"Itu sudah ada bukti ada yang coblos sendiri dan kami sudah kumpulkan data-data dan itu valid dan kami akan beritahukan kepada KPU untuk ditindaklanjuti," jelasnya. (Jrl).

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika