Main Area

pesparawi xiii

Main

ISPA Dominasi Kunjungan di Puskesmas Timika Jaya

TIMIKA, TABUKANews.com - Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) masih mendominasi kunjungan pasien di Puskesmas Timika Jaya (SP2). Hal ini sesuai dengan data yang tercatat oleh petugas puskesmas dalam tiga bulan pertama selama 2018 ini.  

Selain ISPA, ada malaria yang berada para urutan berikutnya. Dua penyakit ini berkaitan erat dengan kondisi lingkungan yang ada disekitar pemukiman warga yang kurang sehat dan bersih. Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Timika Jaya, dr Moses Untung saat ditemui, Sabtu (10/3). 

“Lingkungan sekitar tempat tinggal yang tidak bersih atau tidak sehat menjadi penyebab seseorang mudah terserang ISPA. Kemudian malaria juga bisa karena saluran air tidak dibersihkan menjadi tempat yang nyaman buat nyamuk malaria berkembang biak,” kata dr Moses.

Untuk ISPA, kata Moses, rata-rata pasien yang datang berobat ke  puskesmas baru ditemukan setelah ada diagnose oleh dokter dan petugas puskesmas. Rata-rata pasien berusia mulai dari anak-anak hingga dewasa dengan pola pengobatan dilakukan petugas di puskesmas. Bila harus dirujuk, maka pihak puskesmas harus segera membuat rujukan sehingga pasien bersangkutan bisa dirawat lebih intensif di rumah sakit dengan peralatan yang lebih lengkap dan petugas yang lebih mumpuni. 

Selama periode 2017-2018 di wilayah kerjanya tidak ada Kejadian Luar Biasa (KLB), tapi dirinya selalu mengingatkan petugas untuk lebih waspada dan teliti untuk memantau hingga ke pemukiman penduduk yang ada pada wilayah kerja Puskesmas Timika Jaya. Sebagai salah satu puskesmas dalam kota dengan jumlah penduduk yang cukup padat, pihaknya selalu berhati-hati dengan sejumlah kasus termasuk ISPA dan malaria. 

 Dalam laporan mingguan kata dia, ada kasus-kasus yang berpotensi wabah seperti, campak, diare, ISPA, demam berdarah. Pihaknya selalu mengajak petugas untuk turun langsung ke lapangan untuk memantau perkembangan secara rutin hari kehari.

Untuk menjaga agar pelayanan di Puskesmas Timika Jaya lebih maksimal, pihaknya terus mengadakan pertemuan lintas sektor mulai Dinas Kesehatan (Dinkes), Pemerintah Distrik, Pemerintah Kelurahan dan Kampung serta lembaga mitra untuk membicarakan program puskesmas 2018. 

Pertemuan ini selain membahas penanganan dan pelayanan kepada pasien, juga diharapkan ada umpan balik dari sektor terkait berkaitan dengan efektifitas dan kemajuan pelayanan puskesmas. Usulan-usulan dari lembaga lintas sektor ini bisa menjadi program puskesmas untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di kampung dan kelurahan yang ada di wilayah kerja Puskesmas Timika Jaya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika