Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Isak Tangis Warga Pecah Saat Jenazah Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal Tiba di Timika

Timika,TabukaNews.com - Kepergian sosok bersahaja dan bersahabat, Klemen Tinal yang merupakan Wakil Gubernur Papua saat ini menyisakan luka mendalam di hati warga Papua, khususnya Timika. Itu terbukti saat jenazah almarhum tiba di Timika dan disemayamkan di pendopo rumah negara SP3. Tangis ratusan warga serta keluarga langsung pecah saat iringan mobil ambulance memasuki halaman rumah negara, Minggu (23/5).

Para keluarga sempat memprotes kebijakan pemerintah daerah Mimika yang meletakkan jenazah almarhum dalam gedung pendopo, dengan alasan semua warga tidak memiliki kesempatan untuk bisa melihat janzah almarhum untuk terakhir kalinya.

Setelah dilakukan perundingan antara pihak keluarga, Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, Kapolres Mimika AKBP Era Dhinata serta perwakilan Kodim 1710/Mimika, akhirnya disepakati untuk memindahkan jenazah ke halaman pendopo rumah negara, sesuai dengan permintaan orang banyak.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob dalam kesempatan itu kepada keluarga mengatakan, bahwa pihaknya sebagai pemerintah ingin memberikan yang terbaik untuk almarhum Klemen Tinal sebagai penghormatan yang terakhir.

"Kita akan urus baik-baik sampai pada ibadah pelepasan. Semoga pihak keluarga bisa bekerja sama menjaga jenazah serta keamanan bersama," tuturnya.

Juga dijelaskan, bahwa sebagai bentuk penghormatan terakhir, dirinya juga melihat beberapa pimpinan daerah dari masing-masing kabupaten yang turut hadir untuk upacara pelepasan jenazah almarhum Wakil Gubernur Papua ke tempat peristirahatan terakhir.

Dari pantauan media ini di lokasi pendopo rumah negara, tampak tenda-tenda dipenuhi oleh warga dari berbagai kalangan yang ingin melihat langsung jenazah almarhum Klemen Tinal yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Bupati Mimika beberapa tahun yang lalu.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, rencananya jenazah akan dikebumikan pada esok hari, yang didahului oleh ibadah pelepasan serta upacara kenegaraan. (Evan)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika