Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

IS Oknum Security PTFI Ternyata Jabatan Sebagai Penasehat KNPB Timika

 

Timika, TabukaNews.com – Berdasarkan hasil penyelidikan terhadap IS oknum security PTFI yang diamankan satuan tugas TNI-Polri pada saat dilakukan tindakan penegakan hukum di Kampung Jayanti, Distrik Iwaka Kamis (9/4) lalu ternyata yang bersangkutan menjabat sebagai penasehat KNPB.

"Dia anggota KNPB dan dia mengakui memiliki jabatan sebagai penasehat KNPB Timika, ini surat perintah penunjukannya," ungkap Kapolda Papua,  Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw didampingi Pangdam XVII Chendrawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, pada saat konferensi pers yang berlangsung di Mako Brimob Den B Mimika, Kapolda Papua, Kamis (16/4/20). 

Selain itu kata Kapolda bahwa dari hasil penyelidikan terhadap IS ditemukan fakta bahwa IS juga mengakui sebagai komandan logistik TPN/OPM. IS ini juga berperan sebagai pemberi informasi terkait pergeseran pasukan dan mengupdate situasi posisi aparat keamanan di Timika.

"Ini sesuai hasil keterangannya dalam memberikan tempat tinggal dan juga bahan makanan kepada kelompok AK yang terlibat dalam penyerangan di OB1. Kelompok AK ini belum tertangkap,"kata Kapolda.

Lanjyt kapolda, "IS ini memang patut diduga, karena inilah jarum penunjuk arah dan dia mengakui kerab melakukan postingan yang mendukung organisasi papua merdeka. IS ini pasti ada hubungan dengan SS dan VC, karena beberapa kejadian disini begitu cepat mereka lemparkan dan menuding untuk memutar balikan fakta seakan-akan aparat yang melakukannya,"ungkapnya.

Oknum security ini diamankan saat pengrbekan cem dan mendapati sejumlah batang buti termasuk amunisi yang disimpan tersangka sehingga diproses hokum, saat ini sedang menjalani penahanan di Mako Brimob polda Papua 

"Untuk IS dilakukan penahanan saat ini di Polres Mimika, tetapi dititipkan sementara di Mako Brimob untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya," kata Kapolda. 

Selain IS yang diamankan saat ini, pada saat penegakan hukum yang dilakukan satuan tugas TNI-Polri juga berhasil menembak mati dua anggota KKB lainnya berinisial MK dan TK , yang mana TK adalah komandan batalion kogap 8 Kemabu Intan Jaya.

"Ini adalah pelaku penembak terhadap 1 warga negara asing di OB 1 dan melukai 2 WNI karyawan PTFI. Tentunya pasti ada yang bertanya darimana bisa tahu pelakunya. Identitas pelaku ini bisa kita ketahui dari hasil identifikasi ciri-ciri yang dimiliki seseorang. Jadi kami punya alat untuk melihat struktur anatobi tubuh baik umum dan khusus,"ungkap Kapolda. (Tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika