Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Instruksi Bupati, Disperindag Lakukan Penertiban Lapak Dipasar Sentral

Lapak yang ditertibkan oleh Disperindag/Foto/Ricky Lodar/Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Menindaklanjuti instruksi Bupati Mimika terkait penataan membuat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika melakukan penataan terhadap lapak-lapak liar yang berada di lokasi Pasar Sentral di luar dari desain pasar.

Kadisperindag Kabupaten Mimika Bernadinus Songbes mengatakan, berdasarkan instruksi Bupati Mimika kepada Disperindag untuk menata kembali pasar Sentral sehingga pihaknya harus berkoordinasi dengan Dinas Satpol PP untuk melakukan pembongkaran, yang mana saat pembongkaran pasar lama, pasar gorong-gorong berarti pasar Sentral sudah siap untuk menampung para pedagang.

"Penataan ini berdasarkan instruksi Bupati Mimika terkait penataan pasar," kata Bernadinus Songbes ketika ditemui di Pasar Sentral, Jumat (12/7).

Ia menjelaskan, pihak Disperindag harus melakukan pembongkaran terhadap lapak-lapak liar berdasarkan instruksi tersebut bagi lapak-lapak liar yang merusak keindahan pasar sentral kemudian para pedagang diarahkan untuk menempati lapak-lapak yang sudah dibangun oleh pemerintah.

"Kami terpaksa harus melakukan pembongkaran artinya struktur bangunan yang asli itu yang harus kami kembalikan jadi bangunan yang tambah di depan dibelakang dan disamping itu yang kami bongkar habis," ungkapnya.

Ia menjelaskan, para pedagang merupakan aset pemerintah Kabupaten Mimika yang mana telah memberikan kontribusi berupa retribusi kepada pemerintah sehingga pemerintah wajib melindungi dengan menyediakan tempat yang layak sekaligus melakukan pendataan terhadap seluruh pedagang yang berada di Pasar Sentral.

"Kita mau bongkar sedangkan mereka juga punya kontribusi kepada daerah, jadi mereka wajib untuk dilindungi," jelasnya. (Jrl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika