Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Inspektorat Mendukung Proses Penyelidikan Terkait Dana Monev

Timika, Tabukanews.com - Inspektur Inspektorat Kabupaten Mimika, Papua Julianus Sasarari mendukung aparat penegak hukum (APH) Unit Tipikor Polres Mimika terkait penyelidikan terhadap dugaan korupsi dana monitoring dan evaluasi (monev) proyek fisik dan prasarana (fispra) di lingkungan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mimika tahun anggaran 2016 dan 2017.

"Kalau ada indikasi kerugian negara ya silahkan dilanjutkan penyelidikan tersebut," kata Julianus di Timika, kepada wartawan Kamis,(23/8).

Sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten Mimika, Julianus mengatakan pihaknya telah memberikan penilaian secara tertulis terkait dengan dugaan korupsi di lingkungan Bappeda Mimika kepada pihak Kepolisian ketika menggelar perkara tersebut.

Sementra pihak Unit Tipikor Polres Mimika terus melakukan  penyelidikan dengan memeriksa lebih dari 20 saksi yang sebagian besar merupakan staf yang bekerja pada Bappeda Mimika, baik Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Non ASN/staf honorer.

Selain ASN dan honorer di lingkungan Bappeda Mimika, Kepolisian Mimika juga berencana meminta keterangan dari para staf distrik (kecamatan) pada 18 distrik di Mimika, mengingat kegiatan monev fispra tersebut dilaksanakan di setiap distrik.

Kegiatan monev lapangan proyek fispra dilakukan rutin oleh Bappeda Mimika, dimana setiap tahun berlangsung dua kali ke semua distrik dengan alokasi anggaran sebesar yaitu lebih dari Rp2 miliar.

Anggaran tersebut digunakan untuk membiayai perjalanan staf Bappeda yang melakukan monev di semua distrik baik yang menggunakan transportasi darat, laut dan udara untuk menjangkau distrik-distrik.(Jero/TB)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika