Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Inpektorat Tidak Pernah Terima Tembusan LPJ Dana Desa

Yulius Sasarari /Foto : Tim Tabukanews.com


Timika, TabukaNews.com - Kepala Inspektorat Kabupaten Mimika mengaku bahwa selama ini pihaknya tidak pernah menerima tembusan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Dana Desa (DD). Sedangkan menurut aturan LPJ tersebut selain di berikan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) dan Bagian Keuangan daerah juga harus ada tembusan kepada inspektorat.

"Selama ini hanya ke DPMK dan keuangan saja sedangkan kepada kami tidak ada. Yang lancar hanya dana BOS dan Bopda itu mereka rajin setiap saat ada mereka juga datang konsultasi," kata Yulius Sasarari di kantor pusat pemerintahan, Selasa (28/1).

Menurut Sasarari tembusan LPJ tersebut wajib di berikan kepada Inspektorat selain diberikan kepada DPMK dan Bagian Keuangan. Tembusan terdebut sebagai dasar Inspektorat dalam melakukan pemeriksaan.

"Itu wajib dilakukan oleh Kampung kepada DPMK tembusan kepada Bupati lewat badan keuangan serta tembusan kepada Inspektorat. Kita lakukan pengawasan ketika kami lakukan pemeriksaan," tuturnya.

Sasarari mengungkapkan bahwa dari sample lima Distrik yaitu Mimika Barat Jauh, Mimika Timur Jauh, Mimika Barat, Mimika Timur yang telah pihaknya datangi. Seluruh kampung di lima Distrik tersebut sudah menyerahkan LPJ kepada DPMK dan Bagian Keuangan.

"Yang kami tau hanya lima Distrik tersebut yang sudah serahkan LPJ kepada Dinas dan keuangan karena untuk sampel kami. Untuk LPJ 133 kampung kami masih menunggu dari DPMK," ungkapnya.

Terkait permintaan LPJ 133 kampung Sasarari menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyurat kepada DPMK tetapi belum ada tanggapan. Kalau sudah diberikan nantinya Inspektorat baru akan melakukan pemeriksaan.

"Kami sudah menyurat kepada DPMK tapi belum ada tanggapan," jelasnya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika