Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

IKT Mimika Pulangkan 30 Pengungsi

Ketua IKT Kabupaten Mimika Yohanis Bassang, SE. M. Si/Foto : Istimewa

Timika, Tabukanews.com - Ikatan Kerukunan Toraja (IKT) Kabupaten Mimika memfasilitasi kepulangan 30 warganya ke Toraja Sulawesi Selatan menggunakan pesawat Sriwijaya Air, Kamis (10/10).

Ketua Pemuda Toraja Kabupaten Mimika Barto mengatakan, sebanyak 30 warga Toraja hari ini diberangkatkan ke daerah asal menggunakan pesawat Sriwijaya Air.

"Yang berangkat hari ini ada 30 orang naik pesawat Sriwijaya ke Toraja transit Sorong," kata Barto ketika ditemui di gedung Tongkonan, Kamis (10/10).

Ia menjelaskan, saat ini sebanyak 75 warga asal Toraja yang akan difasilitasi kepulangan mereka. Namun karena keterbatasan kursi, sehingga masih tersisa 45 orang di posko pengungsian Tongkonan.

Dikatakan, warga yang belum berangkat akan diusahakan oleh pengurus IKT untuk dipulangkan baik menggunakan pesawat Hercules, maupun penerbangan komersial, hasil sumbangan warga Toraja yang ada di Kabupaten Mimika.

"Sebenarnya hari ini kita upayakan untuk berangkat semua, tapi masih ada 75 yang belum berangkat, kalau yang sisanya kemarin itu sudah berangkat 4 kali penerbangan naik hercules," jelasnya.

Ia juga menambahkan sejak terjadi pengungsian, pihak IKT telah memulangkan 80 warganya sebanyak  4 kali penerbangan. Ia berharap besok pihak IKT bisa memulangkan warganya yang belum pulang lantaran keterbatasan kursi.

"Yang belum berangkat sisa 41 mudah-mudahan besok bisa dapat seat apakah di Garuda atau Sriwijaya," tambahnya.

Pihak IKT juga memberikan apresiasi kepada pihak Pemda, TNI Polri yang telah menyempatkan waktu untuk datang dan memberikan bantuan untuk warga pengungsian.

"Kami apresiasi dukungan dari pemerintah, TNI Polri yang ikut merasakan apa yang dirasakan oleh saudara-saudara kita dari Wamena dan Ilaga," tuturnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika