Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

HUT Kabupaten Mimika, Pemerintah Luncurkan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM)

Wabup : Mimika Merupakan Kabupaten Pertama di Papua dan Papua Barat Yang Memiliki ADM

Bertepatan dengan HUT Kabupaten Mimika ke-24, Disdukcapil meresmikan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM)/ di Kantor Pusat Pemerintahan SP3,  Kamis (08/10/2020). 

Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk melayani administrasi kependudukan.  Dengan mesin ADM ini, masyarakat bisa mencetak data kependudukan secara mandiri. Masyarakat bisa dengan mudah mencetak data kependudukan dalam hitungan menit. 

ADM diluncurkan langsung oleh Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, didampingi Kepala Disdukcapil Slamet Sutejo, dan Ketua Komisi A DPRD Mimika Daud Bunga, ditandai pengguntingan pita pada mesin ADM.  

Johanes Rettob dalam sambutannya menyampaikan,  Anjungan Dukcapil Mandiri merupakan terobosan yang dihadirkan dinas kependudukan dan pencatatan sipil, dalam upaya mendekatkan dan memudahkan pelayanan secara langsung kepada masyarakat di masa pandemic covid 19. Layanan anjungan dukcapil Mandiri merupakan bagian dari inovasi Ditjen kependudukan, dan pencatatan sipil Kemendagri, yang memiliki sistem dan fungsi strategis dalam pelayaan administrasi kependudukan kedepannya.  

"Sekarang dengan adanya terobosan baru yang dibuat oleh kemendagri Dirjen Dukcapil ini, Anjungan Dukcapil Mandiri bisa mencetak KTP, akta kelahiran, akta kematian, KK, dan lainnya dalam hitungan menit, dan ini akan berkembang di seluruh Indonesia,” kata Wabup Johanes Rettob. 

Perlu diketahui,  untuk Provinsi Papua dan Papua Barat, Kabupaten Mimika merupakan daerah pertama yang memiliki mesin ADM.  Ini membuktikan bahwa Mimika Smart city mampu mempromosikan Kabupaten Mimika semakin maju dan sejajar dengan kota besar di wilayah Indonesia Timur.  

“Anjungan Dukcapil Mandiri bisa mencetak KTP, KIA, Akte Kelahiran/ Akte Kematian dan Kartu Keluarga dengan mudah dan cepat. Kehadiran mesin ADM ini menjadi wujud nyata dari visi dan misi bupati dan wakil bupati Mimika, yang menjadikan Mimika cerdas, Aman, damai dan sejahtera, khususnya dalam program Mimika smart city, dan digitalisasi pelayanan publik guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan membahagiakan warga Mimika,” ungkap John Rettob.  

Wabup berharap, dengan adanya mesin ADM ini mampu menjawab kecepatan dalam pelayanan administrasi kependudukan, sehingga dapat menghemat waktu dan penggunaannya sangat mempermudah masyarakat.

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika