Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Hitung Cepat Internal, Paslon OMTOB Klaim Unggul Pilkada Mimika

Paslon Bupati-Wabup Mimika Eltinus Omaleng-Johannes Rettob saat berkampanye dihadapan massa pendukungnya beberapa waktu lalu/ Foto: Dok Tabukanews.com

TIMIKA-TABUKANEWS.COM - Berdasarkan hasil hitung cepat (real count) internal tim pemenangan pasangan calon (paslon) Bupati-Wakil Bupati Mimika Eltinus Omaleng-Johannes Rettob (OMTOB) memastikan unggul dari enam paslon lainnya.

Hasil keunggulan ini  dihitung berdasarkan berita acara C1 KWK dari para saksi OMTOB di setiap tempat pemungutan suara (TPS) hampir dari seluruh distrik. Saat ini data yang masuk di tim pemenangan OMTOB sebanyak 457 TPS dengan jumlah pemilih 121.931.

"Dari total suara yang masuk sebanyak 121.931 suara itu, perolehan suara OMTOB sebanyak 36,19 persen. HAM 25,27 persen dan MUSA 19,93 persen. Hampir di semua distrik kita menang. Ini data valid, karena betul-betul sesuai form C1 KWK dari saksi kita di TPS-TPS," ungkap Johannes Rettob dalam konferensi pers di kediamannya, Kamis (28/6) malam.

Hasil real count itu juga, menurutnya membuktikan OMTOB menang di distrik-distrik dengan DPT terbesar. Data di Distrik Mimika Baru sudah masuk 100 persen, dari 113.845 DPT, jumlah pemilih hanya 66.162 jiwa. Dari jumlah pemilih tersebut, OMTOB memperoleh 35,75 persen suara.

Data dari Distrik Wania hanya kurang satu TPS. Dari DPT sebanyak 43.899, jumlah surat suara sah hanya 27.377. Dari jumlah tersebut, OMTOB memperoleh suara terbanyak yakni 31,23 persen.

Termasuk distrik Tembagapura juga sudah masuk semua.Dari data yang valid sata surat suara sah yang terkumpul saat ini sudah mencapai 80 persen. Dari angka tersebut, OMTOB mendapat perolehan suara dominan hingga 69 persen.

"Meski kita kumpul perolehan suara dari pesisir dan pegunungan, OMTOB  tetap tidak bisa lagi dikejar," kata John Rettob.

Atas kemenangan berdasarkan data C1 KWK itu, John mengimbau seluruh pendukung OMTOB mengawal bersama proses pleno di Panitia Pemilihan Distrik (PPD) hingga di KPU Mimika.

John berharap proses pleno di tingkat PPD harus dilaksanakan secara transparan, rekapitulasinya diketik langsung dan menggunakan infocus agar semua pihak bisa melihat langsung hasilnya.

"Kotak suara dibuka, harus dilihat oleh para saksi dan kita harus lihat sama-sama. Berita acara yang dibacakan dalam rekapitulasi saat pleno PPD mesti dari yang dalam kotak. Dan berita acara yang dibacakan harus sama dengan yang kita pegang masing-masing. Kita akan lihat betul-betul, kita kawal agar tidak ada permainan,"pintanya.

John juga meminta aparat keamanan senantiasa menjaga surat suara agar tidak terjadi ‘permainan’. "Agar pemilu yang tadinya amburadul agar hasilnya berakhir dengan baik," kata Johnm Rettob.

Meski berdasarkan hasil real count internal tim pemenangan, Paslon OMTOB memastikan menang Pilkada Mimika 2018, namun secara resminya tetap menunggu pleno penetapan oleh KPU Kabupaten Mimika. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika