Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika

Main

Herman Gafur: PPKM Warga Butuh Perhatian Pemerintah, Khususnya Bantuan Ekonomi.

Timika,TabukaNews.com - Kalangan DPRD Mimika berharap pemerintah eksekutif dan legislatif duduk bersama guna menghasilkan solusi dalam permasalahan kesehatan dan ekonomi di masyarakat Mimika. Program penanggulangan Covid-19 di Mimika perlu memperhatikan kebutuhan ekonomi warga, agar warga bisa tetap hidup sehat bebas Covid-19.

Demikian diungkapkan Sekretaris Fraksi Nasdem DPRD Mimika Herman Gafur kepada awak media, Selasa (13/7), menyoroti kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro,yang di lain sisi menjadi beban bagi perekonomian masyarakat.

"Masyarakat yang berpenghasilan gaji harian itu yang paling terdampak penyekatan masyarakat yang berlaku sebulan sampai 7 Agustus. Aktifitas warga mencari nafkah untuk keluarga terpaksa harus berhenti lebih cepat karena PPKM membatasi hanya sampai jam 6 sore sudah harus berada di rumah. Warga tidak maksimal mendapat nafkahnya di hari itu untuk menghidupi keluarganya," ungkapnya.

Selain dampak pada warga pekerja dengan gaji harian, ia juga khawatir sejumlah usaha yang mempekerjakan para karyawan akan terdampak macet usaha, sehingga efek dominonya juga merugikan karyawannya, seperti potensi pemotongan gaji dan hal serupa lainnya.

 "Jangan sampai warga yang bekerja di usaha-usaha menengah ke bawah, juga kena dampak potong gaji atau dirumahkan, karena usahanya macet," imbuhnya.

Herman mendorong, pemerintah untuk jeli dalam penerapan kebijakan bidang kesehatan ini, tetap harus memperhitungkan dampak ekonomi warga. Karena warga yang sehat justru perlu makanan bernutrisi yang tidak murah. Ia berharap jangan sampai kepincangan terjadi dalam penanganan masalah kesehatan versus ekonomi warga ini.

Menurutnya warga berhak mendapat kompensasi atas penyekatan ini dengan pemberian bantuan ekonomi guna meringankan beban warga. "Khususnya bagi kalangan ekonomi lemah dan kaum yang membutuhkan bantuan lainnya, kasihan masyarakat semakin terjepit keadaan," lirihnya.

Herman Gafur yang juga merupakan Wakil Ketua Komisi B DPRD Mimika yang membidangi salah satunya masalah perekonomian itu menambahkan, pada prinsipnya Fraksi Nasdem DPRD Mimika akan menyetujui bilamana pemerintah mengajukan alokasi bantuan sosial ekonomi bagi masyarakat pada pembahasan APBD Perubahan 2021. 

"Selama demi kepentingan rakyat, Fraksi Nasdem tidak ragu untuk melancarkan penganggaran itu," tegasnya.

Legislator asal Partai Bulan Bintang itu juga berharap, pemerintah dapat terus mengevaluasi kebijakannya sehingga ada penyesuaian bila dalam prakteknya kebijakan itu justru merugikan kepentingan warga Mimika.

Di samping juga pemerintah perlu melibatkan DPRD Mimika dalam menyusun maupun mengevaluasi kebijakannya. "Sehingga benar-benar menjadi kebijakan yang berpihak pada kepentingan rakyat Mimika," tandasnya. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika