Hasil Pelaksanaan Operasi Ketupat Cartenz 2022, Stuasi Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas Terpantau Aman, Lancar Serta Kondusif

 Hasil Pelaksanaan Operasi Ketupat Cartenz 2022, Stuasi Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas Terpantau Aman, Lancar Serta Kondusif

Jayapura,TabukaNews.com -  Kepolisian Daerah (Polda) Papua bersama jajaran dengan didukung TNI dan instansi terkait telah melaksanakan Operasi terpusat dengan Sandi “Ketupat Cartenz 2022. Operasi dilaksanakan selama 12 hari sejak tanggal 28 April hingga 9 Mei 2022.

Selama Pelaksanaan Operasi, Polda Papua dan jajaran telah mendirikan sebanyak 103 Pos yang terdiri dari Pos Pengamanan, Pos Pelayanan dan Pos terpadu untuk mempermudah pelayanan baik di Bandara, Pelabuhan dan terminal. 

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH menerangkan selama Operasi Polda Papua dan jajaran mendirikan sebanyak 103 Pos terdiri dari Pos pengamanan sebanyak 64 Pos, Pos Pelayanan sebanyak 29 Pos dan Pos terpadu sebanyak 10 Pos.

“Pos yang disiapkan ini tidak lain untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat dalam melakukan aktifitas dilibur panjang Hari raya Idul Fitri 1443 dimana semua masyarakat memanfaatkan waktunya bersama keluarga,” terang Kabid Humas saat dihubungi pada Selasa (10/5).

Terkait situasi Kamtibmas, Kombes Kamal mengungkapkan secara umum situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Papua dan jajaran relatif aman. Personel gabungan terus melakukan patroli  dan himbauan serta pengaturan arus lalu lintas.

“Situasi Kamtibmas selama pelaksanaan Operasi Ketupat Cartenz 2022 aman dan kondusif, personel terus melakukan patroli, himbauan kamtibmas dan pengaturan arus lalu lintas semata-mata untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” ungkap Kamal.

Lebih lanjut, Kombes Kamal membeberkan terkait situasi Kamseltibcarlantas di Papua selama pelaksanaan Operasi Ketupat Cartenz 2022 pelanggaran meningkat dibandingkan tahun 2021. Polda Papua mencatat di Tahun 2022 terjadi sebanyak 2.861 kasus sedangkan di Tahun 2021 sebanyak 1.838 kasus sehingga di tahun 2022 terjadi peningkatan sebanyak 1.023 kasus atau naik 55,66%.

“Disisi lain, ada penurunan di tindakan tilang yang dilakukan, selama 2022 penilangan dilakukan sebanyak 51 pelanggar sedangkan di tahun 2021 terjadi sebanyak 227 pelanggar sehingga di Tahun 2022 terjadi penurunan tindakan tilang sebanyak 176 pelanggar,” ujarnya.

Kemudian terkait kecelakaan lalu lintas, Kata Kamal di Tahun 2022 terjadi sebanyak 49 kasus sedangkan di tahun 2021 terjadi sebanyak 29 kasus sehingga di tahun 2022 terjadi peningkatan angka kecelakaan sebanyak 20 kasus.

“Dari kecelakaan tersebut tercatat korban meninggal dunia di Tahun 2022 sebanyak 8 orang sedangkan di tahun 2021 sebanyak 7 orang”

Kombes Kamal menjelaskan meski Operasi Ketupat Cartenz 2022 pengamanan Hari Raya hari ini sudah berakhir, namun pelaksanaan kegiatan Kepolisian tetap dilanjutkan dengan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD).

“Pasca Lebaran, Polri bersama TNI dan seluruh instansi terkait katanya akan terus memantau situasi kamtibmas sekaligus memantau perkembangan penyebaran covid-19,” pungkasnya.

Kabid Humas menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang ada Tanah Papua karena telah menjaga dan mendukung pelaksanaan hari besar agama Islam. 

“Sekali lagi Polda Papua dan jajaran mengucapkan terima kasih kepada masyarakat di Tanah Papua yang mau menjaga toleransi dan ketenangan dalam rangkaian pelaksanaan Idul Fitri 1443 H dan masa libur panjang yang telah kita lalui,” tutup Kombes Kamal.(***)

 

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata