Main Area

Main

Hasil Operasi Mantap Praja

Polsek Kawasan Bandara Musnahkan Puluhan Miras dan Ribuan Panah

 

TIMIKA, TABUKANews.com -  Polsek Kawasan Bandara Mozes Kilangin Timika melaksanakan pemusnahan Barang Bukti (BB) berupa puluhan busur, anak panah dan puluhan botol Minuman Keras (Miras) baik berlebel maupun oplosan, yang berlangsung di halaman Kapolsek KP3 Udara, Sabtu (11/7). Hasil dari Operasi Mantap Praja tahun 2018.

Hadir dalam pemusnahan tersebut, Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto S. IK. MH, Kasat Reskrim Polres Mimika AKP I Gusti Anantha Pratama S. IK, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Relly Dominggus Behuku, SH. MH, Kasi Wasdakim Kantor Imigrasi Kelas II Timika Wisnu Galih, Kepala Bea Cukai Timika I Made Aryana, Waka Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika Eddy Amiruddin.

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto S. IK, MH ketika diwawancarai mengatakan, acara pemusnahan BB yang dilaksanakan saat ini merupakan hasil sitaan pada saat Operasi Mantap Praja 2018 yang dilakukan oleh Polsek KP3 Udara dibantu oleh pihak keamanan bandara.

Alhasil total miras yang dimusnahkan sebanyak 185 botol bermerek luar negeri, produksi dalam negeri maupun oplosan.

"Untuk pemusnahan kali ini total miras yang kita musnahkan pada kesempatan kali ini total 185 botol terdiri dari 85 minuman pabrikan dan sisanya Milo," kata Kapolres Mimika usai pemusnahan BB, Sabtu (11/8).

Ia menjelaskan, miras yang disita dari penumpang yang masuk ke Timika merupakan miras berlebel yang dibeli dari luar dan hendak dibawa masuk ke Timika untuk dikonsumsi, selain itu ada juga miras oplosan dari Timika yang akan dibawa ke luar daerah untuk dijual.

"Untuk minum Pabrikan itu pertama kita melakukan penyitaan terhadap penumpang yang membawa dibatasi dari luar maupun dari dalam Timika," jelasnya.

Kapolres juga menambahkan adanya penyitaan ribuan anak panah dan busur dari warga yang berangkat dari Kabupaten Puncak, Ilaga, dan Jila pada saat terjadi konflik di Kwamki Narama.

"Sedangkan ada 1000 anak panah dan 9 busur, 10 tali busur itu dikirim dari luar Timika seperti puncak, Ilaga, Jila," tambahnya.

Sementara mewakili Kepala Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika Eddy Amiruddin mengatakan, ia sangat berterima kasih sekali kepada Polres Mimika dan Polsek Kawasan Bandara atas penyitaan puluhan miras berbagai jenis dan alat perang milik warga yang didatangkan dari luar Kabupaten Mimika.

"Saya selaku Waka Bandara sangat berterima kasih sekali kepada Polres Mimika dan Polsek Kawasan Bandara serta unsur keamanan yang ada di Bandara Mosez Kilangin," kata Ardy saat memberikan sambutan pada saat pemusnahan BB di halaman Polsek KP3 Udara.

Menurutnya, Pihak keamanan berhasil menyita puluhan miras dan alat perang, dengan tujuan untuk meminimalisir peredaran miras di Timika. Hal tersebut merupakan suatu pencapaian yang baik guna mewujudkan kota Timika yang aman dan kondusif. Sebab Sitkamtibmas akan terwujud berkat kerjasama dan kesadaran dari masyarakat.

"Ini tentunya akan mewujudkan suatu keamanan sesuai dengan yang disampaikan Kapolres bahwa keamanan Timika tergantung pada pribadi atau masyarakat dan bukan tergantung pada aparat keamanan," ungkapnya. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika