Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Hari Pertama Penyisihan Tarung Derajat: Satu Pertandingan Dihentikan Akibat Medis, Lima Atlet Papua Melenggang ke Semifinal

Timika,TabukaNews.com  - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 Cabang Olahraga (Cabor) Tarung Derajat resmi dimulai pada Jumat (8/10).

21 laga ditandingkan pada hari pertama dimana 16 merupakan laga seni tarung dan 5 merupakan  laga seni gerak yang terbagi atas kategori putera dan puteri.

Technical Delegate (TD) Tarung Derajat, H Noves Narayana usai pertandingan menyampaikan, pemenang dalam laga penyisihan hari pertama ini akan bertanding pada Minggu (10/10).

"Besok (Sabtu-red)) ada partai baru lagi dan Minggunya baru masuk ke semifinal selama dua hari. Finalnya nanti tanggal 12," ujarnya.

Dalam baak penyisihan hari kedua besok, Noves mengatakan akan ada 16 laga di nomor seni tarung.

Noves mengatakan, di babak pertama penyisihan hari ini, ada dua atlet yang harus mendapatkan perawatan medis.

Selain itu, ada satu pertandingan yang dihentikan oleh tim medis yakni laga yang mempertemukan Nusa Tenggara Barat melawan Banten.

"Menurut penilaian saya, atlet sudah mempunyai teknik yang matang. Karena dengan teknik yang matang akan mengurangi tingkat cedera dalam satu pertarungan baik kepada diri sendiri maupun kepada lawan. Cukup membanggakan bagi kita menilai pertandingan mereka yang berlaga hari ini," ungkapnya.

"Yang cedera di pertandingan tadi hanya cedera ringan. Hidungnya berdarah. Sedangkan yang satu (Munawir atlet NTB) sempat pendarahannya tidak berhenti selama satu menit setengah maka diputuskan pertandingannya dihentikan," lanjut Noves.

Kaltim Ikut 4 Laga Tarung, 3 Diantaranya Kalah Pada penyisihan hari pertama, Kontingen Kalimantan Timur mengikuti 4 laga namun sayangnya hanya satu atlet yang lolos yakni  M Marcel Ferdinoor. Sedangkan tiga lainnya terhenti langkahnya karena alami kekalahan.

Atas hal tersebut, Pelatih Cabor Tarung Derajat Kontingen Kaltim, Nur Fajeriah menyampaikan pihaknya tetap bersyukur meskipun hanya satu atlet yang lolos di hari pertama.

Pihaknya tetap optimis akan mendapatkan medali mengingat masih ada dua atlet Kaltim yang akan berlaga di penyisihan hari kedua.

"Besok (Sabtu-red) masih ada dua yakni satu dari puteri, satu putera. Kami masih optimis karena mereka masih ada," ungkapnya.

Nur Fajeriah mengatakan mereka banyak belajar dari pertandingan hari ini. Walau beberapa atletnya kalah namun ia percaya ke depan akan semakin matang.

"Kedepan kontingen Kaltim akan melakukan persiapan yang lebih matang. Kita sudah lihat performanya, mereka sudah berjuang maksimal dan kami pikir walau ketemu tuan rumah namun mereka sudah berikan performa yang terbaik. Walaupun kalah, ya itu kalah dengan terhormat," kata Nur.

Tanding 6 Partai, Papua Hanya  Alami Satu Kekalahan Kondisi yang dialami kontingen Kalimantan Timur, berbeda dengan apa yang diraih kontingen Papua.

Di laga perdana hari ini, Papua mengikuti 6 laga yakni 5 lagi seni tarung dan 1 laga seni gerak. Hasilnya, 5 atlet di kategori seni tarung berhasil lolos ke babak semifinal.

Pelatih Kepala Tarung Derajat Kontingen Papua, Manuel Maker meyakini bahwa kemenangan atlet Papua di Cabor Tarung Derajat salah satunya karena dukungan supporter yang sangat mempengaruhi performa para atlet.

Walau menang di laga perdana, Manuel mengatakan untuk partai hari ke dua besok, ia sudah mempersiapkan atletnya.

"Kita sudah mempersiapkan diri lebih baik lagi. Karena kita berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi," jelasnya.

Atas pencapaian para anak didiknya di hari pertama penyisihan, ia mengucap syukur kepada Tuhan Yesus.

"Hasil ini adalah penilaian dari panitia. Mereka yang memberikan penilaian dan saya bersyukur sekali. Itu hasil kerja keras anak-anak sendiri. Ditambah dukungan supporter yang sangat mempengaruhi, jadi itu faktor yang membuat anak-anak semakin bersemangat," tutupnya.

Adapun hasil pertandingan penyisihan hari pertama Cabor Tarung Derajat, PON XX Papua adalah sebagai berikut:

1. M. Marsel Fredinoor Kalimantan Timur vs Ikbal Fhaisal Sulawesi Selatan (score 3-0)

2. Imanuel B. Fakdawer Papua vs Gilang Putu Perdana DKI Jakarta (score 3-0)

3. Ferdy Surya Dewa Yana Bali vs Agus Firmansyah Jawa Barat (score 3-0)

4. Miftahul Hair Papua vs Rangga Adi Brata Ridwan Jambi (score 0-3)

5. Maki Mubarok Jawa Timur vs Yoseph Amoreus NTT (score 1-2 )

6. Benidiktus Lim Asan Kaltim vs Lukman Hakim Kepri (score 1-2)

7. Fatah Abdul Majid Jawa Tengah vs Moh. S Zakarsyi (score 3-0)

8. Tri Wahyuningsih Kalbar vs Ainun Kuswandi Jabar (score 0-3)

9. Vinka Widyaningrum Jawa Tengah vs Rismianty Amelia Jatim (score 3-0)

10. Arumi Sintiara Riau vs Sri Nurhayati S.Pd Jabar (score 0-3)

11. Ayu Salfiana Kaltim vs Yuliana Wospakrik Papua (score 0-3)

12. Yohanes Paulus K.H Kaltim vs Wimpi Walilo Papua (score 0-3)

13. Muhammad Ari Fadli Banten vs Munawir NTB DHT (Dihentikan)

14. Aditya Dwi Pranata Jambi vs Elim Tabuni Papua (score 0-3)

15. Arief Rahman Hadi DKI Jakarta vs Farha  Attamamil Arda Sumut (score 0-3)

16. Yogi Pratama Sumatera Barat vs Rio Muhammad F Jabar (score 1-2)/

(Humas PPM/Rachmat J, Aprina L Hutapea dan Ronald Renwarin)

 

 

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika