Main Area

Main

H-4 Pergeseran Logistik Ke Tingkat Distrik

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto/Foto: Ricky Lodar

Timika, Tabukanews.com - Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan, 4 hari menjelang pelaksanaan pemilu, pihak penyelenggara (KPU Mimika dan Bawaslu Mimika) dan pihak keamanan sudah harus melakukan pergeseran logistik dan pasukan ke distrik-distrik sebelum di teruskan ke masing-masing TPS.

"Untuk logistik akan kita pastikan bergeser berdasarkan timeng tidak cepat lebih bagus, tidak tepat," kata Kapolres ketika ditemui di Sentra Pelayanan Polres Mimika, Kamis (11/4).

Ia menjelaskan, saat ini logistik pemilu ditempatkan di gedung Eme Neme Yaware dengan pengaman ekstra ketat oleh pihak keamanan sampai menunggu waktu pergeseran logistik dan personel.

"Semakin jauh pengawasannya kita anggap kondisinya ideal karena ad di gedung Eme Neme yang kita jaga ketat oleh TNI Polri, semata-mata untuk memberikan jaminan keamanan di logistik pemilu dan menyampaikan kepada masyarakat bahwa tidak ada itu unsur-unsur manipulasi terhadap logistik," jelasnya.

Proses pergeseran logistik 3 hari menjelang pemilu, sedangkan pergeseran personel akan dilakukan 4 hari sebelum Pemilu, namun akan disesuaikan lokasi. Apabila lokasi TPS berada di kota akan dilakukan pergeseran pada dinihari pada hari pelaksanaan.

"Selain itu kita juga melakukan pergeseran pasukan H-4 dan H-3 itu pergeseran logistik. tapi akan disesuaikan dengan lokasi, kalau didalam kota hari H jam 3 pagi sudah kita geser," jelasnya.

Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kecurangan pada tahun 2018 lalu yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Karena semakin lama ditempatkan di lokasi yang jauh dari pengawasan, kita belajar di pemilu yang lalu itu ada surat suara yang dibawa lari oleh oknum dan ada yang digelapkan," ungkapnya. (Jrl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika