Main Area

Main

Gubernur Papua : Pemekaran DOB PPT, Terkendala Pencabutan Moratorium

Gubernur Papua Lukas Enembe, S. IP, MH saat memasuki lokasi pelantikan/ Foto: Tim/Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com – Upaya pemekaran Provinsi Papua Tengah (PPT) belum bisa di pastikan karena terkendala pencabutan moratorium oleh Pemerintah pusat terkait pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB).

Hal itu disampaikan Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe, S. IP, MH kepada wartawan di Timika bahwa sebanyak tiga  kabupaten di wilayah administrasi Provinsi Papua yang telah mengajukan pemekaran Provinsi Papua Tengah, yakni Kabupaten Biak, Kabupaten Nabire termasuk Kabupaten Mimika.

"Terkait dengan pemekaran Papua Tengah itukan aspirasi,  kan ada Biak, Nabire atau Mimika," kata Enembe saat ditemui di lapangn 23 jalan Agimuga, Jumat (6/9) usai melantik Bupati dan Wakil Bupati Mimika.

Menurutnya, sebanyak 3 kabupaten yang telah mengajukan untuk pemekaran DOB provinsi papua tengah, namun terkendala mencabut moratorium oleh Pemeritnah pusat, sedangkan tercatat banyak daerah di Papua yang telah mengajukan untuk dimekarkan karena menyangkut dengan pelayanan kepada masyarakat.

"Sampai dengan hari ini belum ada ketentuan untuk penarikan moratorium, kalau pengajuan Provinsi itu mekanismenya di Provinsi harus disetujui oleh DPRP dan MRP," terangnya.

Namun terlepas dari moratorium. Lukas menjelaskan ada mekanisme dalam menentukan DOB yang mana harus dibahas oleh DPRP dan MRP untuk menentukannya setelah itu direkomendasikan kepada Pemprov Papua untuk dilaksanakan.

"Kalau disetujui DPRP, MRP dan merekomendasikan maka pasti Pemprov akan melaksanakan sesuai dengan usulan, dan memang moratorium belum dicabut? ," ungkapnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika