GOW Kabupaten Mimika Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba, Kesehatan Reproduksi Remaja dan Kekerasan Terhadap Anak

GOW Kabupaten Mimika Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba, Kesehatan Reproduksi Remaja dan Kekerasan Terhadap Anak

Timika,TabukaNews.com

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Mimika menggelar kegiatan sosialisasi Bahaya Narkoba, Kesehatan Reproduksi Remaja dan Kekerasan Terhadap Anak yang digelar di Hotel Grand Mozza, Rabu (25/5).

Adapun peserta sosialisasi berasal dari remaja gereja, remaja masjid serta perwakilan organisasi pemuda yang ada di Kabupaten Mimika.

Kegiatan menghadirkan narasumber dari BNN Mimika, Kompol Mursaling, Kepala Seksi Perlindungan Perempuan dan Anak pada DP3AP2KB Kabupaten Mimika Dra. Yakomina Rumbiak, MM, serta Leni Silas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika.

Ketua GOW Mimika, Ny. Pere Omaleng dalam sambutannya mengatakan, bahwa GOW sendiri merupakan organisasi yang menggalang persatuan wanita dalam memperjuangkan kesejahteraan, kesetaraan gender di kehidupan dan berorganisasi, bermasyarakat.

"Atas dasar ini GOW merasa terpanggil untuk membangun manusia, terutama masa depan anak, untuk mencegah rusak nya moral anak bangsa," tuturnya.

Lanjut dikatakan, bahwa reproduksi dan kekerasan terhadap anak sejak dini perlu diberikan pemahaman agar lebih Hati-hati dalam bergaul, dalam menjaga kebersihan, tingkah laku dan menghindari resiko yang berdampak bagi mental anak.

"Dan juga di Mimika masih banyak anak yang hidup dalam kekerasan, sehingga untuk itu GOW ikut mengambil peran sesuai visi misi Bupati dan Wakil Bupati," katanya.

Diharapkan dengan sosialisasi ini dapat memberikan dampak yang positif di lingkungan sekitar. GOW adalah dimana kumpulan dari ibu-ibu sebagai malaikat tanpa sayap, sehingga pentingnya peran kaum ibu agar kelak anak ikut berpartisipasi dalam pembangunan bangsa, karena masih banyak tantangan mengenai kebodohan, kemiskinan atau kerusakan moral.

"Oleh karena itu GOW berusaha menerobos penuh dengan kepercayaan Tuhan selalu menolong dan menyertai," tutupnya.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dalam sambutannya mengatakan, bahwa
peredaran dan penggunaan narkoba merupakan permasalahan nasional yang dipandang serius oleh pemerintah karena bisa menyebabkan rusaknya moral bangsa, dan berdampak sangat berbahaya bagi kesehatan, menurunkan kesehatan reproduksi, teori akan menyebabkan sperma, sel telur sehingga pembuahan tidak sempurna dan bayi yang lahir bisa cacat, karena pertumbuhan tidak sempurna.

"Jaga kesehatan reproduksi sangat penting terutama diusia remaja, karena baik untuk membuat baik, jaga kebersihan khusus remaja putri, data kesehatan terdapat korelasi antara kecanduan obat atau Penyalahgunaan obat, kekerasan psikis maupun fisik," tegas Bupati.

Kekerasan jika digabungkan dengan kecanduan sangat berbahaya begitu dengan korban kekerasan, berujung pada kecanduan obat terlarang.

Selain itu masih terdapat juga maraknya kesetaraan gender yang menjadi permasalahan ketimpangan antara laki-laki dan perempuan.

"Perempuan memiliki kesempatan yang terbatas dibandingkan laki-laki ketika berada di aktvitas di lingkungan masyarakat," ujarnya.

"Adanya sosialisasi ini untuk menambah wawasan, bahaya penyalahgunaan narkoba, pentingnya kesehatan reproduksi, dan bagaimana cara menghadapi nya," lanjutnya.

Dengan demikian, peserta diharapkan untuk mengikuti kegiatan dengan baik sehingga materi dan pengetahuan dapat dibagikan dilingkungan masyarakat dan dapat menciptakan generasi muda yang sehat, cerdas dan berkualitas. (**)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata