Main Area

Main

Gergorius Okoare Resmi Pimpin Lemasko

Ketua Lemasko terpilih Gergorius Okoare saat memperlihatkan SK Penangkatannya/Foto: Tim

Timika,TabukaNews.com – Putra asli Kamoro,  Gergorius Okoare resmi menjabat sebagai Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko),  periode 2019-2024 setelah 3 bulan lebih terjadi kekosongan pimpinan. Pemilihan dilakukan secara aklamasi oleh perwakilan dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) menggantikan Almarhum Robertus Waraopea, SH yang meninggal dunia 13 Agustus 2019 lalu karena sakit.

Hadir dalam proses pemilihan yang berlangsung di ruang Nuri hotel Serayu tersebut tampak hadir diantaranya, Ketua Dewan Pimpinan Adat Lemasko Jack A Emayauta, Philipus Monaweyau, Leonardus Tumuka, Benediktus Iripiaru, Siprianus Operawiri, dan perwakilan DPW dari 14 distrik. 

Ketua DPA Lemasko Jack A Emayauta mengatakan, proses pemilihan ketua Lemasko terpilih periode 2019-2024 dilakukan secara aklamasi oleh perwakilan dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) mengacu pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Lemasko, dan juga dinilai tepat untuk memimpin Lemasko.

Berdasarkan Surat Keputusan DPA , menetapkan Ketua Lemasko terpilih periode 2019-2024 secara langsung melaksanakan tugas tanpa harus dilantik, atau hanya melanjutkan tugas Almarhum Robertus Waraopea, SH yang meninggalnya karena sakit.

"Jadi masa periode pak Gery dari 2019 sampai tahun 2024 melalui pergantian antar waktu menggantikan Robertus Waraopea," kata Jack kepada wartawan usai pemilihan, Rabu (6/11).

Menurutnya, terpilihnya Gergorius Okoare merupakan pilihan yang tepat dan sebuah kepercayaan untuk melanjutkan regenerasi pada Lemasko pasca meninggalnya Almarhum Robertus Waraopea, SH untuk membawa kemajuan bagi orang Kamoro dan meningkat pendidikan, kesehatan dan perjuangkan hak-hak dasar masyarakat Kamoro.

"Masa saya sudah habis dan sekarang saya percayakan kepada adik-adik saya ini, dan saya percaya akan membawa kemajuan bagi orang Kamoro dan memperbarui kinerja pendidikan, kesehatan dan permasalahan yang masyarakat alami," terangnya.

Sementara itu Ketua Lemasko Gergorius Okoare mengatakan, dengan diangkatnya sebagai Ketua Lemasko,  menjadi tanggung jawab kepada seluruh masyarakat kamoro. Banyak program yang telah diprogramkan oleh Almarhum tentunya akan dilanjutkan dan dilaksanakan.

Sebab. Kata dia, Lemasko merupakan lembaga masyarakat adat yang berkaitan langsung dengan hajt hidup orang Kamoro mulai dari Nakai sampai Warifi.

"Setelah terpilih, saya akan melanjutkan program yang sudah diprogramkan untuk dilaksanakan, agenda yang akan kita lakukan tidak diluar dari program Lemasko," kata Gergorius.

Dirinya berharap, setelah proses pemilihan tersebut, kegiatan yang diprogramkan bisa berjalan dengan melibatkan seluruh masyarakat Kamoro dalam semua bidang, agar masayrakat Kamoro bisa menjadi tuan di negerinya sendiri.

"Jadi saya harap masyarakat ikut berperan kedepan supaya daerah ini bisa kita lihat terutama adalah tanah ini milik orang Kamoro sedangkan masyarakat yang datang dari berbagai daerah hanya untuk hidup dan mencari makan disini," harapnya. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika