Gelar Musrenbang, Pemda Mimika Fokus Fokus Lima Prioritas Pembangunan di Tahun 2023

Gelar Musrenbang, Pemda Mimika Fokus Fokus Lima Prioritas Pembangunan di Tahun 2023

Timika,TabukaNews.com

Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika melalui Bappeda menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Mimika Tahun 2023 di Hotel Horison Diana, Rabu (6/4) dan diikuti oleh semua pimpinan OPD dilingkup Pemda Mimika, Anggota DPRD Mimika serta Sekretaris Bappeda Provinsi Papua.

Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari terhitung sejak pembukaan, hingga Jumat (8/4) yang terdiri dari pembukaan sidang pleno, sidang kelompok dan penutupan.

Musrenbang tahun ini mengusung tema "Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dasar Dalam Meningkatkan Produktivitas Perekonomian Yang Berkelanjutan di Kabupaten Mimika"  dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika Michael Gomar, yang ditandai dengan pemukulan Tifa.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Yohana Paliling dalam sambutannya mengatakan, bahwa tujuan diselenggarakannya Musrenbang RKPD tahun 2023 adalah menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati arah kebijakan pembangunan daerah.

Selain itu, menyepakati program kegiatan pagu indikatif, indikator, target, kinerja serta lokasi kegiatan, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan nasional dan Provinsi Papua, menyepakati usulan program dan kegiatan yang akan diusulkan dalam musrenbang provinsi dan nasional.

Keluaran yang dihasilkan adalah berita acara hasil kesepakatan yang akan dijadikan sebagai bahan penyempurnaan rancangan RKPD dan Rancangan Renja perangkat daerah tahun 2023.

Ia menambahkan, Prioritas pembangunan tahun 2023 adalah peningkatan sumber daya manusia masyarakat Mimika yang berdaya saing, tata kelola pemerintahan yang baik, profesional dan inovatif, penanggulangan kemiskinan dan  pengangguran, pemberdayaan ekonomi dengan menitikberatkan pada ketahanan pangan lokal.

Kemudian, pembangunan infrastruktur yang mendukung pemerataan sarana dan prasarana dasar serta pemulihan ekonomi, penciptaan ketentraman dan ketertiban, pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Michael Gomar mengatakan, Pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan Kabupaten Mimika Tahun 2022 untuk penyusunan rencana kerja pemerintah daerah atau RKPD tahun 2023 yang memuat program dan kegiatan prioritas tahunan Pemerintah Kabupaten Mimika dengan tetap memperhatikan dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah atau rpjmd Kabupaten Mimika tahun 2020-2024.

Juga melakukan sinkronisasi terhadap prioritas pembangunan nasional dan prioritas Pemerintah Provinsi Papua dan juga rencana awal, rencana kerja pemerintah daerah sebagaimana yang dijabarkan dalam undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

"Saya harap kepada Pimpinan OPD dalam proses perencanaan di tahun 2023 difokuskan pada lima program prioritas diantaranya, pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas SDM,  pembangunan dan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi, pengentasan kemiskinan dan peningkatan layanan publik di segala sektor kepada masyarakat," kata Sekda Gomar.

Gomar mengatakan, Pimpinan OPD bersama tim anggaran dan Banggar DPRD Kabupaten Mimika menyusun perencanaan pembangunan berdasarkan kebutuhan prioritas dan bukan berdasarkan keinginan OPD dan  juga keinginan masyarakat.

Menurutnya, tidak mungkin dalam semua usulan program dan kegiatan prioritas yang diajukan berdasarkan musrenbang distrik,  Forum OPD dan juga berdasarkan hasil reses anggota DPRD dapat diakomodir secara langsung oleh Pemerintah Kabupaten Mimika. Sebab, perlu dilakukannya sinergitas sehingga program kegiatan yang diusulkan tidak dapat dibiayai dari APBD tetapi dapat dibiayai oleh sumber dana lainnya baik APBD Provinsi Papua maupun APBN.

"Pokok pikiran atau pokir anggota dewan merupakan aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada anggota dewan saat reses. Aspirasi tersebut adalah permasalahan yang ada di masyarakat dan perlu disampaikan kepada pihak eksekutif pemerintah daerah untuk diterjemahkan dalam bahasa program dan kegiatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelasnya.

Jadi, kata Gomar, Pokir tidak memuat pagu atau besaran anggaran anggaran tetapi melihat kembali kebutuhan prioritas masyarakat berdasarkan hasil program dan kegiatan yang diusulkan. Pimpinan OPD harus bisa dan mampu menterjemahkan, mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan dengan seluruh perencanaan pembangunan baik dari tingkat pusat, provinsi dan juga kebutuhan pembangunan di Mimika.

Katanya, untuk itu semua peluang-peluang yang ada baik berupa sumber dana anggaran dan juga program pembangunan dari pusat, provinsi marilah dikebut, dikejar dan diraih dengan baik sehingga dapat menambah program kegiatan dan mendapatkan sumber pendanaan bagi pemerintah Kabupaten Mimika.

"Kita dapat berperan aktif dalam mencurahkan pikiran dan waktu guna merumuskan dan memantapkan usulan program kegiatan berdasarkan skala prioritas secara arif dan bijaksana. Sehingga, program dan kegiatan yang terakomodir merupakan kegiatan yang prioritas yang bersifat penting dan mendesak untuk segera dilaksanakan," ujarnya.

Mengingat rencana kerja Pemda Mimika tahun 2023 merupakan tahun keempat RPJMD Kabupaten Mimika, maka ia perlu mengingatkan kepada semua untuk benar-benar memperhatikan capaian target program dan kegiatan dengan tetap melihat dan mengukur pembangunan yang sudah dilaksanakan yaitu melakukan monitoring, evaluasi sehingga menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam perencanaan pembangunan tahun 2023.

"Pembangunan terus berjalan dan kita sepenuhnya diseluruh sektor dan wilayah namun kami juga menyadari pembangunan membutuhkan waktu sehingga membutuhkan kerja sama, kolerasi dan juga kolaborasi semua pihak untuk melaksanakan semua kegiatan pembangunan," imbuhnya. (**)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata