Main Area

Main

Garudhea AM Purwanto Nakhodai Perbakin Mimika 5 Tahun

Foto bersama Pengurus Persatuan Menembak Indonesia (PERBAKIN) Kabupaten Mimika dengan Pengurus Propinsi, Staf Ahli Bupati dan Sekretaris KONI Mimika/Foto : Tim

Timika,Tabukanews.com- Garudhea Antonio Meddy Purwanto secara resmi menakhodai Persatuan Menembak Indonesia (PERBAKIN) Kabupaten Mimika selama empat tahun kedepan periode 2019-2023.

Dinobatkannya Garudhea AM Purwanto sebagai pemegang mandat tertinggi di Perbakin Mimika tersebut ditandai dengan pelantikan dan pengukuhan  Pengurus Perbakin Cabang Mimika periode 2019 oleh Ketua Pengprov Perbakin Papua, Johny Banua Rouw , dilaksanakan di  Lapangan Tembak Ismail Toduha Mako Brimob Den B Polda Papua, Jalan Agimuga,Distrik Kuala Kencana Kamis (19/9/2019).

Staf Ahli Bupati, Andi Ramli Teru dalam sambutannya membacakan amanat Bupati Mimika Eltinus Omaleng,SE,MH, berharap pengurus baru Perbakin mampu mengukir prestasi di pelbagai skala event.

"Kepengurusan baru ini harus melakukaan pembinaan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas atlet tembak. Jika itu dikerjakan, ia yakin Perbakin Mimika mampu mengejar prestasi," harapnya.

Event paling dekat adalah Kejurda Tembak Provinsi Papua di 2020. Tahun depan event ini akan digelar yang kelima kalinya. Pada Kejurda keempat tahun ini, Perbakin Mimika mengirim dua atlet dan bisa meraih medali perak dan perunggu.

"Kita harap, di Kejurda nanti lebih banyak atlet yang dikirim dan terutama lebih berprestasi," kata Ketua Pengprov Perbakin Papua, Johny Banua Rouw.

Menurutnya, kunci prestasi atlet ada di pembinaan berkesinambungan. Di tingkat Pengprov Perbakin Papua, hal itu sudah dilakukan dengan dibukanya sekolah menembak.

"Jangan elitis, perkenalkan olahrga ini kepada pelajar," pesan Johny.

Kunci lain dalam mengerjar prestasi adalah sokongan dana. Dimana-mana, prestasi selalu berkorelasi dengan dukungan dana.

Sekretaris KONI Mimika, Cessar Avianto Tunya, mengungkap sokongan dana untuk prestasi olahraga terutama diharapkan dari sektor swasta. Hal ini sebemarnya telah diatur di dalam Undang-Undang Olahraga.

"Saya undang dunia usaha, apabila ada event olahraga, membantu sekecil apapun itu akan sangat bermanfaat bagi perkembangan olahraga di Bumi Amungsa Tanah Kamoro ini," kata Cessar.

Masih soal dana, menembak adalah olahraga mahal. Makanya paling banyak atletnya adalah yang memang punya hobi menembak. Standar senapan angin atlet di kisaran harga Rp68 juta, yang jenis pistol Rp46 juta.(tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika