Main Area

Main

Galanita U-17 Mimika Juara Menpora Cup, Siap Wakili Papua Diajang Nasional

Para offisial,pelatih dan pemain Galanita U-17 kabupaten Mimika usai tampil sebagai juara Menpora Cup 2019 Zona Papua di Jayapura./ Inzert : Para pemain Galanita Kabupaten Mimika saat menerima tropi juara/ Foto : Istimewa

JAYAPURA,Tabukanews.com - Prestasi emas mampu dipersembahkan srikandi srikandi pesepak bola putri Mimika U-17 dengan tampil sebagai champions di ajang Piala Menpora Cup tahun 2019 tingkat Propinsi Papua yang berlangsung sejak tanggal 15 sampai dengan 19 Juni di Jayapura.

Dengan keberhasilan yang luar biasa mengukuhkan sebagau juara zona Papua dari para pemain galanita kabupaten Mimika dibawah asuhan pelatih berpengalaman Albert Korano dan Rudi Kadam berhak mewakili Propinsi Papua diajang Nasional Menpora Cup yang dilaksanakan sejak tanggal 5-10 Agustus di Kabupaten Bandung yang diikuti oleh 34 propinsi.

Pelatih Kepala Tim Galanita U-17 Mimika, Alberth Korano saat menghubungi melalui sambungan telepon dari Jayapura , Selasa (18/6) malam mengakui, keberhasilan timnya tampil sebagai juara karena semangat dan perjuangan tanpa kenal lelah serta komitmen dari seluruh pemain dan pelatih sehingga bisa meraih hasil sempurna.

"Walaupun dengan persiapan yang tergolong sangat singkat memang rasanya berat, namun karena semangat juang yang tinggi dan strategi pelatih yang mampu memadukan pemain sehingga seluruh pertandingan dilewati dengan kemenangan yang luar biasa. Dari empat kali pertandingan anak anak kami tampil luar biasa dan memenangi semua laga tanpa terkalahkan membuahkan hasil yaitu juara,"tegas Albert yang merupakan pelatih berlisensi AFC dan merupakan mantan pemain PKT Bontang diera Galatama ini.

Namun menurut Korano, hasil yang telah dicapai tidak membuat dirinya dan pemain merayakan berlebihan namun tantangan yang akan dihadapi kedepan adalah lebih berat karena Mimika mewakili propinsi Papua diajang Menpora Cup Nasional yang akan digelar di Bandung.

"Kami tidak larut dalam pesta setelah tampil sebagai juara, saya dengan asisten pelatih Rudi Kadam kini merasa mendapatkan tugas yang lebih berat untuk membawa anak anak Galanita putri Mimika U-17 membawa nama propinsi Papua ke ajang Menpora tingkat nasional 5 sampai 10 Agustus 2019 mendatang,"tegasnya.

Karena itu, ia berharap kepada pemerintah dan seluruh masyarakat Mimika untuk mendukung dan mensupport serta doa, sehingga tanggungjawab dari seluruh masyarakat Papua dan lebih khusus kabupaten Mimika dapat kami jalankan sesuai harapan masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mimika yang diwakili Kepala Bidang Olahraga yang juga manager Tim Galanita Mimika U-17 di Timika , Bram Parapea mengaku bangga dan memberikan apresiasi atas hasil yang dicapai tim sepakbola wanita kabupaten Mimika yang telah mempersembahkan juara.

"Kami dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata hanya memfasilitasi bakat minat dan bakat yang terpendam bagi anak anak di kabupaten Mimika khususnya usia dini. Mari kita sama sama mendukung baik orang tua maupun pemerintah melalui dinas untuk terus menggali bakat dan prestasi bagi atlet atlet muda di Mimika untuk bisa berkembang dan tidak terpendam begitu saja,"ungkapnya.

Menurut dia, karena turnamen Galanita U-17 yang pertama digelar di Indonesia ini akan digelar ditingkat nasional sejak 5-10 Agustus 2019 mendatang sehingga kepada pelatih dan seluruh pemainnya untuk lebih giat berlatih setelah kembali dari Jayapura.

"Kami atas nama pemerintah akan berusaha semaksimal mungkin untuk tetap mendukung keikutsertaan Galanita U-17 Mimika yang akan mewakili Propinsi Papua pada ajang itu. Saya mengucapkan selamat dan jangan terlalu eforia dengan hasil namun harus lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi ajang nasional,"pungkasnya.

Perjalanan kesebelasan sepakbola Galanita U-17 Mimika tampil sebagai juara diajang Menpora Cup yang digelar di Lapangan Argapura Jayapura diawali dengan pertandingan perdana meraih kemenangan menghadapi kabupaten Dekai dengan skor 3-1 dan gol diciptakan masing-masing Liza Madjar 2 gol dan satu gol melalui Elinte Magal.

Dipertandingan kedua Galanita Mimika tampil semakin trengginas dengan melibas kesebelasan Galanita PSK Kota Jayapura dengan skor 4-0. Dua gol diciptakan Elinte Magal, satu gol Merlin Kbarek dan satu gol oleh Pincelin Magal.

Dan dipertandingan ketiga, Galanita Mimika kembali mampu membungkam kesebalsan Galanita Kabupaten Jayapura dengan Skor 3-0 melalui gol dari Elinte Magal, Unince Pakage dan Margaretha Kopouw.

Dilaga terakhir atau pertandingan keempat, kesebelasan Galanita Mimika U-17 menutupnya dengan hasil sempurna dengan mampu mengalahkan kesebelasan Galanita dari Kabupaten Nduga dengan skor tipis 1-0. Dengan hasil empat kali menang Mimika meraih poin 12 dengan nilai sempurna tanpa terkalahkan sekaligus tampil sebagai juara. Turnamen Menpora Cup 2019 menggunakan sistem Setengah Kompetisi dan yang tampil sebagai juara secara otomatis mewakili Papua pada ajang Menpora Cup tingkat nasional. (tim)

Susunan Pemain  Galanita Mimika U-17 :

1. Yuvince Gobay

2.Arina Maryen

3.Yunince Pakage

4.Falenda Pigai

5.Kristiana Tatogo

6.Pince Tenoye

7.Ana Maria Kayame

8.Nopince Gobai

9.Pincelin Ance Magal

10.Elizabeth Yom

11.Merlin Kbarek

12.Krisela ErlandaElsa Sawy

13.Yomance Tekege

14.Sisilia Kemong

15.Elinte Magal

16.Vitalia S Kabarubun

17.Margaretha Kopouw

18.Liza Armanita Madjar

Pelatih kepala : Albert Korano

Asisten Pelatih : Rudi Kadam

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika