Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Freeport dan DPMK Bersinergi Bangun Mimika Lebih Maju

Kolaborasi Program PT.FI dan Pemkab Mimika akan terwujud di 2020, Pertemuan dilangsungkan di ruang rapat Dinas Pemberdayaaan Masyarakat Kampung Di SP 5,Timika, Papua, Rabu (16/10)/Foto : Tim

 

Timika, Tabukanews.com, Dalam mensinergikan kerjasama guna membangun Mimika, PT. Freeport Indonesia melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyrakat Kampung (DPMK) Kabupaten Mimika.

Pertemuan ini dilakukan di ruang rapat DPMK Mimika, Selasa (15) dan dihadiri Government Relation Andreas Hindom (Govrel) bersama Lita Karubaba dan dr. Michael (SLD),Kepala DPMK Michael Gomar dan beberapa stafnya.

Tujuan pertemuan untuk melakukan koordinasi awal rencana program kerjasama yang akan dirancang oleh PT Freeport Indonesia sebagai tindaklanjut MOU LPMAK dan Pemda Mimika, secara khusus mengenai program/kegiatan yang berhubungan dengan pemberdayaan masyarakat kampung.

Dalam pertemuan ini, Michael R Gomar menjelaskan program-program pemberdayaan masyarakat di kampung, kelurahan hingga distrik dilaksanakan sesuai dengan kebijakan Bapak Bupati dan Wakil Bupati untuk mewujudkan Nawacita Presiden RI yaitu membangun dari pinggiran/kampung.

Gomar juga menjelaskan tentang teknis pengelolaan Dana Desa, yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 hingga 2019, termasuk berbagai kendala-kendala yang dihadapi selama ini.

Government Relation PTFI, Andreas Hindom menyampaikan harapan dan dukungan kerjasama dari Pemkab Mimika melalui DPMK dan OPD teknis lainnya untuk dapat mendukung kerjasama ini.

“PTFI merencanakan konsep bantuan Dana Hibah dari yayasan yang secara langsung akan disalurkan kepada kampung-kampung di Mimika sesuai kebutuhan program/kegiatan, berdasarkan hasil musyawarah kampung dan stakeholder,” ujarnya.

Rencana ini nantinya dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerjasama (PKS) antara PTFI dan Pemda Mimika yang didasari pada peraturan daerah tentang bantuan hibah pihak ketiga kepada kampung.

“Kita beharap kerjasama ini menjadi awal yang sinergis dan lebih harmonis antara PTFI dan Pemda Mimika sehingga diharapkan dapat dilaksanakan secara sinergis, tidak tumpang tindih, dan memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat,” harapnya.

Disampaikan pula bahwa hasil pertemuan ini nantinya akan dilanjutkan ke pimpinan PTFI dan bupati serta wakil bupati sehingga akan dilakukan pertemuan lanjutan yang melibatkan para pimpinan.

“Harapan kami awal Januari 2020 kita sudah bisa bersinergis dengan program pemerintah daerah untuk membangun Mimika,” ungkapnya.

Kadis DPMK Michael R Gomar kepada awak media mengatakan sangat mengapresiasi rencana kerjasama ini. Dikatakan, peningkatan kerjasama yang efektif dan harmonis antara Pemda Mimika dan PT. Freeport Indonesia termasuk dalam satu agenda program kerja 100 hari Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Johannes Rettob.

Ia juga mengatakan akan melanjutkan laporan pertemuan ini kepada kedua pimpinanya termasuk Penjabat Sekda Mimika Marthen Paiding.

Gomar menjelaskan, kemiskinan merupakan persoalan yang sangat kompleks. Sehingga perlu sinergitas antara pemerintah daerah dan PT Freeport Indonesia melalui kolaborasi yang nyata kebijakan, strategi dan program pro poor.

Menurutnya, progma Dana Desa (pusat) dan Alokasi Dana Desa (pemda) sejauh ini hadir sebagai kebijakan dan solusi dalam mengentaskan kemiskinan yang melibatkan banyak pihak secara partisipatif.

“Kami sangat mendukung rencana kerjasama ini demi masyarakat Mimika. Kita wajib dukung dengan kualitas SDM kepala kampung dan perangkat yang handal, kreatif, inovatif, dan produktif untuk berkreasi membangun kampung secara partisipatif. Tentunya didukung pula dengan azas pengelolaan yang transparansi, akuntabel, tertub dan disipilin anggaran serta partisipatif,” tandasnya (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika