Main Area

Main

Frambusia dan Filariasis Banyak Ditemukan di Mimika Barat Jauh

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika Alfred Douw/ Foto: Tim

 

Timika, Tabukanews.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika Alfred Douw mengatakan, penyakit Frambusia dan Filariasis atau kaki gajah telah ada di Mimika baik di wilayah kota dan wilayah Mimika Barat Jauh.

"Frambusia dan Filariasis itu sebagian dikota ada, tapi sebagian besar di Barat Jauh," kata Alfred Douw ketika ditemui di Hotel Serayu di jalan Yos Soedarso, Rabu (20)11).

Ia menjelaskan, pihaknya telah membentuk tim untuk diturunkan ke wilayah yang ditemukan dua penyakit tersebut untuk dilakukan pengobatan yang dilengkapi obat-obat khusus sekaligus juga melakukan pencegahan.

"Tapi ada pengobatan dari tim yang biasa turun kesana, juga kami lengkapi dengan obat," jelasnya.

Ia menambahkan, Selain pengobatan, pihaknya juga melakukan pencegahan kaki gajah dengan menghindari gigitan nyamuk. Hal tersebut sangat penting dilakukan, terutama di daerah endemik kaki gajah.

Selain itu, untuk memaksimalkan perlindungan terhadap gigitan nyamuk, pihaknya menyarankan agar mengenakan baju dan celana panjang saat tidur malam, mengolesi losion anti nyamuk, tidur didalam kelambu, membersihkan genangan air di sekitar rumah.

Ia juga menjelaskan, penyebaran kaki gajah juga dapat dihentikan dengan cara mengikuti program pemerintah untuk memberantas kaki gajah, yaitu Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM).

"Lebih baik kita cegah dari pada mengobati itu sangat berbahaya, jadi hati-hati," ungkapnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika