Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Fraksi Nasdem DPRD Mimika Sodorkan 10 Saran Konstruktif

Timika, TabukaNews.com - Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Mimika menyematkan apresiasi atas capaian prestasi pelaporan keuangan Pemkab Mimika yang meraih predikat WTP untuk ke-enam kali berturut-turut.

Dalam Pandangan Umum Fraksi Nasdem di Paripurna Kamis 8 Juli yang dibawakan oleh Sekretaris Fraksi, Herman Gafur mengatakan, terhadap realisasi pendapatan dan belanja pemerintah di tahun kemarin, terjadi defisit sebesar 932 milyar 808 juta rupiah lebih.

Untuk itu Fraksi Nasdem mengajukan 10 saran konstruktif demi perbaikan, di antaranya, meningkatkan fungsi pengawasan internal pemerintah sehingga menghindari potensi penyimpangan, selanjutnya fraksi meminta dalam proses perencanaan pembangunan memperhatikan pendapatan daerah, selain itu harus terjadi efisiensi anggaran dengan memprioritaskan program bagi kepentingan masyarakat, serta dalam perencanaan pembangunan infrastruktur perlu mengedepankan mutu dan kualitas pekerjaan.

Kemudian lanjutnya,  pemerintah juga diminta untuk melakukan evaluasi di setiap OPD, demi memastikan pergerakan belanja anggaran daerah sesuai dengan target harapan. 

Selanjutnya Fraksi Nasdem mendorong OPD terkait untuk berinovasi dalam meningkatkan sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Mimika, tentunya dengan memperhatikan prinsip dasar kebutuhan hidup rakyat Mimika.  Kemudian kegiatan Pelelangan Proyek Pemerintah diwanti agar dilakukan tepat pada waktunya, sehingga tidak terjadi keterlambatan yang berakibat minimnya serapan APBD pemerintah juga berdampak buruk pada kualitas dan mutu pekerjaan.

Selain itu para OPD diminta untuk tidak hanya sekedar menyalin draft program terdahulu di tahun-tahun sebelumnya atau Copy-Paste. Yang bisa berakibat program yang dijalankan pemerintah sudah tidak relevan dengan kebutuhan warga terkini.

Terakhir kata Herman Gafur, Fraksi Nasdem meminta OPD teknis melakukan inovasi pengembangan sektor pertanian, peternakan dan perikanan untuk meningkatkan PAD Mimika. Serta Pemkab Mimika diminta untuk mendirikan Mall Pelayanan Terpadu kaitan dalam pelayanan publik yang terpusat, sehingga memudahkan warga dalam segala urusan administrasi dan perijinan usaha, yang diharapkan berdampak lebih maksimalnya pendapatan daerah Mimika.

Adapun Fraksi Nasdem DPRD Mimika Ketua Anthon Palli, Wakil Ketua Novian Kula, Sekretaris Herman Gafur, Anggota, Daud Bunga, Yustina Timang, Aleks Tsenawatme.

Terhadap pandangan Fraksi Nasdem DPRD Mimika, Bupati Mimika melalui Sekda Mimika Michael Gomar menyampaikan jawabannya dalam Paripurna lanjutan di hari yang sama.

Kata Sekda, pemerintah berterima kasih atas apresiasi fraksi pada hasil WTP pemeriksaan keuangan dari BPK RI. Hasil prestasi itu berkat usaha bersama dan dukungan dari DPRD Mimika dan segenap rakyat Mimika.

Selanjutnya, atas 10 saran yang disampaikan Fraksi Nasdem, menjadi perhatian dan catatan khusus pemerintah untuk diimplementasikan sesuai kemampuan keuangan daerah.

Hal ini, kata Sekda Gomar, dalam rangka penyempurnaan tata kelola keuangan daerah serta peningkatan fungsi pengawasan internal pemerintah, perencanaan yang sesuai kebutuhan daerah, efisiensi program, infrastruktur, evaluasi OPD, inovasi peningkatan PAD, optimalisasi pelayanan perijinan terpadu akan diupayakan pemerintah Mimika semakin lebih baik dalam sinergi bersama pihak Legislatif; DPRD Mimika.

"Demikian jawaban Pemkab Mimika atas Pandangan Umum Fraksi Nasdem DPRD Mimika," tandasnya (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika