Main Area

Main

FPP Mimika Minta Polisi Usut Tuntas Aktor Intelektual Aksi Demo di Makasar dan Jakarta

TIMIKA, TABUKANews.com -  Aksi demo damai yang dilakukan oleh Forum Peduli Perdamaian Kabupaten Mimika (FPP) Kabupaten Mimika dan meminta kepada pihak Kepolisian untuk mengusut dan memproses hukum aktor intelektual dibalik aksi demo yang dilakukan di Makasar dan Jakarta beberapa waktu lalu.

Koordinator aksi demo FPP kabupaten Mimika Tery Janampa dalam orasinya meminta kepada pihak Kepolisian Resor Mimika untuk mengungkap dan memproses hukum aktor intelektual dibalik aksi demo yang dilakukan oleh mahasiswa di makasar dan di Jakarta beberapa waktu lalu terkait dengan putusan MA yang mengabulkan hak Angket DPRD Mimika.

Menurut Janampa, persoalan yang terjadi di Mimika. kenapa bisa meluas hingga terjadi aksi demo di makasar dan jakarta terkait dugaan ijazah palsu Bupati Mimika. Diduga kuat ada oknum-oknum tertentu yang merupakan lawan politik yang saat ini bersaing pada bursa pemilihan Bupati kali ini, yang diduga kuat mendanai aksi tersebut.

"Kami Forum Peduli Perdamaian Kabupaten Mimika melakukan aksi demo damai untuk menyongsong Pilkada damai di tanah Amungsa Bumi Kamoro," kata Tery Janampa di Sentra Pelayanan Polres Mimika dijalan Cendrawasih, Jumat (2/2).

Oleh sebab itu pihaknya menegaskan kepada pihak Kepolisian agar melakukan penyelidikan dan memproses hukum oknum-oknum tersebut yang ingin menghancurkan Timika dengan melancarkan kampanue hitam untuk menebar isu sara ujaran kebencian dan pencemaran nama baik seseorang.

"Segera memproses hukum oknum-oknum yang ingin menciptakan Mimika zona konflik dengan menggunakan kampanye hitam, isu sara, ujaran kebencian dan pencemaran nama baik," tegasnya.

Masyarakat Mimika menginginkan kedamaian menjelang Pilkada. Sebab masyarakat Mimika telah sadar dan melihat kilas balik dari kejadian-kejadian yang terjadi pada kabupaten-kabupaten tetangga hanya akan mengorbankan masyarakat untuk kepentingan individu atau golongan tertentu.

"Demokrasi damai, dan bersih, bersatu, bersaudara, membangun Kabupaten Mimika. Untuk menciptakan Mimika aman, Mimika damai, Mimika bangkit menuju masa depan yang lebih baik," harapnya.

Sementara itu Kapolres Mimika AKBP Indra Hermawan, S. IK. SH. M.Si mengatakan, dirinya memberikan apresiasi kepada FPP Kabupaten Mimika yang menginginkan keamanan dan perdamaian di Mimika dalam pelaksaan pesta demokrasi di Mimika. Ia juga meminta kepada para pendemo agar tidak terprovokasi dengan isu-isu yang berkembang di masyarakat untuk memecahbela persatuan dan kesatuan masyarakat Mimika menjelang Pilkada di Mimika.

"Kami (Kapolres) mengapresiasi dengan adanya aksi demo ini, dan kami meminta para demonstran agar tidak terporvokasi dengan isu-isu yang akan merusak pelaksaan pesta demokrasi di Mimika," kata Kapolres. (Jrl/dzy/tim)

2018 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika