Main Area

pesparawi xiii

Main

Forkopimda dan Para Tokoh Sepakat Jaga Kamtibmas Di Mimika

Forkopimda dan Para Tokoh Sepakat Jaga Kamtibmas Di Mimika/Foto: Tim

Timika, TabukaNews.com - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),  Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan seluruh elemen masyarakat bersepakat menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Mimika.

Hal itu disepakati dalam acara tatap muka yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), di Hotel Cenderawasih SP2, Jumat (14/2).

Dengan mengusung tema " Merajut Kebersamaan Antar Elemen Daerah Sebagai Kekuatan Dalam Wujud Suatu Pikiran dan Tindak Untuk Membangun Kabupaten Mimika Menuju Mimika yang cerdas, aman, damai dan sejahtera".

Acara dipimpin Wakil Bupati Mimika Johanes Rettob dengan didampingi Kapolres Mimika AKBP. I Gde Era Dinata dan Kepala Bakesbangpol Petrus Lewa Koten.

Wakil Bupati Mimika Johanes Rettob, menyampaikan bahwa keamanan merupakan hal yang penting dan menjadi tanggungjawab bersama. Apalagi Papua khususnya di Mimika menjadi tuan rumah Pesparawi dan PON XX.

"Untuk situasi saat ini masih kondusif dan saya ucapkan terima kasih banyak kepada pihak keamanan yang tidak henti-hentinya bekerja demi menciptakan Timika damai dan aman," ungkapnya.

Menurut Wabup, bahwa dengan dua agenda besar tersebut maka harus bertindak dengan memberikan dukungan serta memberdayakan sumber daya alam yang ada di Timika.

" Kita jangan diam tapi kita harus bertindak supaya orang luar bisa menilai bahwa Timika tidak seperti di kota-kota lain.

Mari kita bersatu saling bantu membantu,saling dukung mendukung untuk membuat Timika damai, aman dan sejahtera," ucapnya.

Ditambahkan Wakil Bupati bahwa dengan berusaha menjaga keamanan, kebersihan dan pembangunan kota yang sudah ada, maka fasilitas yang ada jangan dirusaki.

"Ada beberapa kelompok orang-orang yang tidak bertanggungjawab yang telah merusak fasilitas yang ada, seperti lampu jalan dan orang-orang itu sudah diketahui, tinggal dimintai pertanggungjawabannya. Selain itu jangan mempergunakan organisasi atau mengatasnamakan kerukunan untuk mendapatkan sesuatu demi kepentingan diri sendiri, "katanya.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Petrus Lewa Koten menjelaskan tujuan digelarnya kegiatan ini, yakni untuk menjalin komunikasi, mengeratkan kekuatan semua elemen agar tetap bersinergi menghadapi tantangan dalam menjaga kamtibmas di Kabupaten Mimika.

"Tatap muka ini kita laksanakan untuk cipta kondisi guna menjaga ketertiban dan keamanan kota Timika,"ungkapnya.

Menurutnya, tatap muka itu tidak hanya sekedar saling lihat, tapi ada poin-poin penting yang mana kita telah melewati hari-hari besar keagamaan, dan itu berjalan aman dan lancar. 

" Jadi hari ini kita hadir disini penuh nuansa kasih sayang yang mana hari ini adalah diperingati sebagai hari valentine,", kata Koten.

Disampaikan Koten, dengan menyimak di tahun 2020 ini di Papua dan khususnya Mimika akan melaksanakan Pesparawi dan PON XX merupakan suatu anugerah Tuhan yang besar.

"Jadi mari kita sama-sama sukseskan dua agenda besar ini," ungkapnya.

Sedangkan Kapolres Mimika AKBP I Gde Era Dinata menambahkan bahwa untuk permasalahan keamanan Papua sesuai dengan konteks dalam tema, yakni cerdas, aman, damai dan sejahtera. 

"Untuk aman itu butuh cerdas kalau semua sudah berpikir cerdas maka situasi aman,  tapi kalau semua orang tidak cerdas tanpa berpikir panjang nanti situasi tidak aman," katanya.

Untuk pelaksanaan Pesparawi dan PON XX, kata Kapolres Timika sudah sangat siap sehingga sangat dibutuhkan peran serta bersama untuk menjaga keamanan.

"Jangan terpancing dengan isu-isu yang tidak benar, kami TNI-POLRI tetap berjuang terus untuk menjaga kedaulatan, untuk itu kami butuh kerja sama dari masyarakat," ungkap Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga menyampaikan bahwa untuk arus lalu lintas di Timika masih terlihat kacao walaupun sudah dilakukan razia disemua titik.

"Kami sudah sepakat dan rencananya kami akan mengajak seluruh masyarakat karena di tanggal 29 nanti kita sepakati sebagai komitmen bersama Timika tertib berlalu lintas," katanya.(Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika