Main Area

Main

Enam Personel Polres Mimika Disiapkan Untuk Gakkumdu

TIMIKA, TABUKAnews.com - Polres Mimika telah menyiapkan enam personel dari Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim), untuk mendukung tugas dan tanggungjawab dari Tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Tim Gakkumdu sendiri merupakan gabungan dari Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kejaksaan, dan Kepolisian. Dimana akan bertugas untuk menangani sengketa Pilkada yang masuk ke Panwaslu.

"Untuk Tim Gakkumdu, kami sudah siapkan enam personel. Yang nantinya akan di SK kan oleh Panwaslu Mimika,"kata Kapolres Mimika, AKBP Viktor Mackbon saat ditemui di Hotel Grand Tembaga, Minggu (7/1) malam.

Kapolres menjelaskan, enam personel Satreskrim Polres Mimika yang akan tergabung dalam Tim Gakkumdu telah mendapatkan sosialisasi dan pelatihan dari Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri dan Direktorat Reserse dan Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Papua, mengenai penanganan masalah menyangkut sengketa Pilkada.

"Tim Gakkumdu itu gabungan, jadi masing-masing akan menjalankan tugas sesuai tupoksinya,"ujar Kapolres.

Selain telah menyiapkan personel, kata Kapolres, pihaknya sudah membangun komunikasi dengan Panwaslu Mimika agar lebih yakin dalam menjalankan tugasnya. Sehingga tidak mudah terintervensi dalam melakukan penegakan aturan dalam pelaksanaan Pilkada 2018 ini.

"Dalam pelaksanaan Pilkada, kami terus membangun komunikasi dengan semua pihak, termasuk Panwaslu. Ini untuk menciptakan Pilkada damai di Mimika,"tuturnya.

Ia menambahkan, dalam kesempatan ini juga, pihaknya mengimbau kepada seluruh penyelenggara bisa menjalankan tugas dan kewajiban sesuai dengan aturan. Dan terus berkomunikasi dengan pihak keamanan, serta lainnya yang bisa mendukung kelancaran Pilkada.

Lanjutnya, bagi Paslon dan tim sukses untuk mengetahui aturan yang ada. Dan apabila ada permasalahan untuk disampaikan sesuai mekanisme, serta menghindari upaya memprovokasi massa agar tidak menggangu Kamtibmas

"Semua pihak harus berperan dalam menciptakan Pilkada damai di Mimika. Termasuk masyarakat, agar menjadi pemilih yang cerdas dan patuh terhadap hukum,"ungkapnya.(TIM)

2018 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika