Main Area

pesparawi xiii

Main

Empat Pasang Calon Tanda Tangani Deklarasi Damai

Empat Pasangan Calon saat membacakan Deklarasi Damai di lapangan Timika Indha, Selasa (20/3). / Foto : dok - Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika menggelar deklarasi kampanye damai yang diikuti oleh 4 Peserta Paslon yang dinyatakan Memenuhi Syarat oleh KPU Kabupaten Mimika. Deklarasi tersebut berlangsung di lapangan sepakbola Timika Indah, Selasa (20/3).

Hadir dalam deklarasi tersebut. Diantaranya, Ketua KPU Kabupaten Mimika Theodora Ocepina Magal, S. KM, Komisioner Divisi SDM Yoe Louis Rumaikewi, Ketua Panwaslu Kabupaten Mimika Tonny L Agapa, Komisioner Panwaslu Divisi Pencegahan Imelda Ohee, Tokoh Agama Ustad Abdul Mutholik Elwahan, Pendeta Hutagalung, perwakilan Kodim 1710/Oro Doro Enakoa Mimika Kapten Inf. Heru.

Sedangkan 4 Paslon yang hadir dalam deklarasi kampanye damai diantaranya, Paslon nomor urut 1 Petrus Yanwarin Albertus Edoway (Petraled), nomor urut 2 Robertus Waropea, SH dan Albert Bolang, SH. MH (R n B) Wilhelmus Pigay dan Athanasius Allo Rafra (Musa), dan nomor urut 4 Hans Magal dan Abdul Muis (HAM).

Perwakilan Kodim 1710/Oro Doro Enakoa Kapten Inf. Heru dalam sambutannya mengharapkan Pilkada di Mimika berjalan aman apabila semua elemen masyarakat bisa memciptakan pilkada damai dengan tidak menyebarkan isu-isu yang bersifat provokasi, informasi hoax, berbau sara dan politik uang. yang bisa memancing amarah dari massa pendukung paslon lain. Adanya Pilkada damai apabila semua elemen masyarakat tetap menjaga kamtibmas.

"Diharapkan seluruh elemen masyarakat maupun aparat terkait kita menjaga Kamtibmas di Kabupaten Mimika, dan diharapkan Pilkada kali ini kita bisa hindari dari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama serta tidak memprovokasi paslon lain sehingga mengakibatkan bentrok antar massa," kata Heru.

Ketua Panwaslu Kabupaten Mimika Tonny L Agapa dalam samnutannya mengatakan, pihak Panwaslu Kabupaten Mimika merupakan wasit dalam perhelatan Pilkada damai di Mimika, hanya saja perlu keterlibatan semua pihak agar Pilkada bisa berjalan sesui rencana.

"Dalam pemilihan ini kami (Panwaslu) adalah wasit dan KPU penyelenggara sedangkan timses adalah pelatihnya. Dan apabila penyelenggara sudah meniup pluit dan ada kesalahan jangan tanyakan kepada wasit tapi tanyakan kepada pelatih," kata Agapa.

Pada kesempatan yang sama Ketua KPU Kabupaten Mimika Theodora Ocepina Magal, S. KM dalam sambutanya mengatakan, KPU sebagai penyelenggara pemilihan umum tetap akan mengedepankan independensi, transparansi, dan akuntabilitas Sesuai dengan amanat undang-undang pemilu. Sehingga dirinya mengajak 4 Paslon agar berkompetisi yang sehat dalam menyampaikan visi dan misi pembangunan sehingga dihari pencoblosan nanti masyarakat Mimika bisa menggunakan hak pilihnya untuk memilih pemimpin di Mimika.

"Kesempatan ini KBU mengundang 4 paslon untuk mengikuti tahapan awal kampanye dengan kampanye kampanye terbuka untuk menyampaikan visi misi dan program pembangunan sehingga masyarakat memahami program pembangunan yang disusun oleh masing-masing Paslon," katanya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika