Main Area

Main

Empat Maskapai Penerbangan Perintis Kembali Angkut 102 Warga dari Ilaga

Terlihat sejumlah warga dari Ilaga yang kembali tiba di Bandara Baru Mozes Kilangan/Foto : Tim Tabukanews.com

Timika,TabukaNews.Com- Akibat teror penembakan oleh kelompok bersenjata di wilayah Ilaga,Kabupaten Puncak,terlihat hingga Kamis (3/10) siang sebanyak 102 warga kembali mengamankan diri ke Timika dengan menggunakan empat maskapai penerbangan perintis.

Berdasarkan data yang dihimpun wartawan TabukaNews di Bandara Baru Mozes Kilangin Timika,warga Ilaga terus berdatangan ke Timika dikarenakan situasi yang belum kondusif aman.

Adapun empat maskapai penerbangan dengan sepuluh kali penerbangan yang mengangkut 102 warga pada Kamis (3/10) yaitu Dabi Air Nusantara sebanyak 3 flight, John Lin Air sebanyak 2 flight, Dimonim Air sebanyak 4 flight dan Alda Air 1 flight.

Selain 102 warga yang sudah tiba di Timika,ada warga lainnya masih bertahan di tempat pengungsian sementara, yaitu di Poskotis Brimob, Pos Satgas Paskhas TNI AU, Pos Satgas 751, Koramil, Kediaman Sekda, dan Masjid Al Ikhlas Ilaga. 

Untuk diketahui,bahwa dengan diungsikan warga dari Ilaga ke Timika disebabkan adanya penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap warga sehingga membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Puncak, memutuskan untuk mengungsikan warga dan pegawainya ke Kabupaten Mimika. Langkah tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pascakejadian itu.

Diketahui, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menembak dua tukang ojek di sekitar Jembatan Gantung Muara, Kampung Amnunggi, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Kamis (26/9/2019) pukul 12.30 WIT. Lalu, pada Sabtu (28/9/2019) siang, anggota KKB kembali menembak mati warga yang sehari-hari berjualan di dekat Bandara Ilaga.(Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika