Main Area

pesparawi xiii

Main

Eltinus Omaleng Sebut Hadapi PON XX Mimika Sudah Siap 80 Persen

Eltinus Omaleng  bersama Gubernur Papau Lukas Enembe saat berdiskusi soal Hadapi PON XX Mimika Sudah Siap 80 Persen/Foto : Tim

Jayapura,TabukaNews.com - Berbicara pada Penandatanganan Sebaran Cabang Olahraga, Venue dan Arena PON XX Papua di Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura, Selasa (10/12/), Bupati Mimika, Eltinus Omaleng mengklaim persiapan menghadapai PON XX di Klaster Mimika sudah siap 80 persen sebagai tuan rumah

"Kami yang ada di Kabupaten Mimika sangat siap untuk menyelenggarakan PON 2020,"  tegas Bupati Mimika disambut tepuk tangan seluruh tamu undangan yang hadir.

Eltinus dengan bangganya mengatakan bahwa Kabupaten Mimika akan siap 100 persen sebelum pembukaan PON XX Papua pada 20 Oktober 2020 mendatang.

Dijelaskan, sebagian venue PON di Mimika sudah rampung dan sisa dibenahi. Venue lain pembangunannya on progress. Venue biliar misalnya, menurut Eltinus progres pembangunannya sudah mencapai 45 persen.  Sementara pembangunan venue panjat tebing dan aero sport saat ini masih dalam proses lelang. Meski demikian, Eltinus memastikan seluruh venue PON di Mimika rampung sebelum Oktober 2020.

"Paling lambat Agustus sudah selesai," katanya.

Venue PON yang pembangunanya sudah selesai adalah Mimika Sport Complex (MSC) meski beberapa kekurangan mesti dilengkapi. Venue bolas basket misalnya, masih harus ditambahkan alat peredam suara.

"Perlu tambah plafon untuk peredam suaranya. Kami sudah siapkan anggaran dan juga minta kepada PT Freeport membantu," kata Eltinus.

Venue PON lainnya, GOR futsal dan bola tangan juga tidak ada masalah, progressnya sudah di atas 90 persen.

Jadi Kata Eltinus bahwa, dari sisi sarana pendukung, air bersih sudah tersedia, baik di GOR maupun MSC, termasuk di Bandara Baru Mozes Kilangin.

Sementara soal penginapan atlet dan official PON, sebanyak 1.800 kamar hotel yang tersedia yang tersedia saat ini di pusat Kota Timika. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika