Main Area

Main

Dukung PON XX, Diskominfo Provinsi Papua Luncurkan SIM Versi 4.0

 Diskominfo Provinsi Papua melakukan pertemuan bersama Diskominfo Kabupaten Mimika dan Sub PB PON Kluster Mimika/Foto: Tim/Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Papua akan meluncurkan Sistem Informasi Management (SIM) Versi 4.0 untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 yang ada dilaksanakan di tiga Kluster yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Mimika serta Kabupaten Merauke sebagai Kabupaten Penyangga.

Ketua Bidang SDM PB PON XX 2020 Jeri Agus Yudianto mengatakan, untuk mendukung pelaksanaan PON XX tahun 2020, pihak PB PON melakukan kunjungan sekaligus melakukan sosialisasi dengan bidang teknologi informasi Sub PB PON XX Cluster Mimika.

Dalam kunjungan tersebut ada beberapa hal yang telah dilaksanakan untuk memperkenalkan secara langsung sistem aplikasi PON XX untuk Cluster Mimika yang sudah disiapkan oleh Diskominfo Provinsi Papua.

“Ada beberapa hal yang kami lakukan yang pertama kami mengenalkan mensosialisasikan sistem aplikasi PON 2020 yang sudah dipersiapkan,” kata Jeri saat memberikan keterangan pers di ruang pertemuan KONI Mimika di jalan Hasanudin, Sabtu (28/9).

Ia menjelaskan didalam aplikasi yang akan diluncurkan pada awal tahun 2020 tersebut dan mampu melayani semua hal baik dari persiapan PON, pelaksanaan, profil atlet, hasil pertandingan, mapping, hingga pengaturan makan dan transportasi.

“Sistem aplikasi tersebut kami siapkan dalam bentuk fullma Service, jadi perlu kami sampaikan sistem aplikasi tersebut komperhensif mulai dari persiapan pelaksanaan dan pos event, kebetulan kami bersama-sama dengan penyedia,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan dalam mendukung teknologi yang akan diluncurkan pihaknya telah melakukan survey di beberapa venue dan juga wisma atlet dengan melibatkan operator Telkom dan selanjutnya melakukan simulasikan terhadap jaringan data. Karena Mimika dinilai telah siap untuk diterapkan aplikasi tersebut apabila dilihat dari sisi infrastruktur.

Terlepas dari itu, pihaknya juga akan menyiapkan Visat di masing-masing venue untuk mengantisipasi terjadi gangguan jaringan pada saat pelaksanaan PON berlangsung.

“Kami melakukan survey lapangan untuk mendukung teknologi informasi di beberapa venue yang ada, di MSC, wisma atlet, futsal dan bola tangan terkait dengan jaringan data disana, kami melibatkan operator PT Telkom untuk mensimulasi, pada prinsipnya Mimika secara teknologi sangat siap,” ungkapnya.

Terlepas dari hal tersebut, dalam beberapa waktu kedepan, pihaknya juga telah memasang Closed Circuit Television (CCTV) di beberapa venue dan wisma atlet untuk memonitoring secara langsung kesiapan serta melakukan evaluasi langsung dari Diskominfo Provinsi Papua, kendati demikian pihak Diskomifo Provinsi Papua akan selalu berkoordinasi dengan Diskominfo Kabupaten Mimika yang menyediakan Command Centre di Kantor Pusat Pemerintahan.

“Kedepan kami akan memasang CCTV untuk memonitoring perkembangan disini, CCTV ini bisa diremot dari Jayapura, tadi kami sampaikan ke Kadiskominfo agar kita bisa sharring informasi disana,” ungkapnya.

Kepala Bidang (Kabid) E-Gov Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Mimika Maria Rettob mengatakan, Diskominfo Kabupaten Mimika mendukung setiap kegiatan yang dilakukan oleh Diskominfo Provinsi Papua terkait peluncuran aplikasi demi mensukseskan PON XX tahun 2020 di Papua, artinya pihaknya selalu siap untuk melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada.

“Kami dari Kabupaten Mimika hanya mengikuti apa yang sudah disiapkan oleh Provinsi, apabila ada kekurangan-kekurangan kami dari kabupaten yang akan melengkapi,” kata Maria.

Ia menjelaskan untuk mendukungnya, Pemkab Mimika akan membangun Command Centre yang berlokasi di kantor Perhubungan yang nantina akan diintegrasikan dengan CCTV yang dipasang oleh Diskominfo Provinsi Papua untuk bersama-sama memantau kesiapan pelaksanaan PON untuk Cluster Mimika.

“Kami di Mimika membangun Command Centre yang akan diintegrasikan dengan CCTV yang dipasang oleh Provinsi dan di Venue-venue dengan CCTV yang kami pasang agar bisa diintegrasikan dan dipantau di Command Centre yang dilengkapi dengan ruang pers dan ruang telekonfrens,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Iklas Bahar selaku Sim PON XX 2020 mengatakan, keunggulan dari aplikasi yang akan diluncurkan dalam kegiatan multi event seperti PON bertujuan agar masyarakat Indonesia  bisa menyaksikan dan mengikuti semua perkembangan PON menggunakan SIM versi 4.0 yang mana didalam aplikasi tersebut terdapat berbagai kegiatan cabang olahraga dan bisa diakses menggunakan mobile aplikasi.

“Kegiatan multi event ini dan semua orang di Indonesia ini bisa menyaksikan dan mengikuti semua kegiatan yang ada disini, jadi untuk mengatasi tantangan, dari pemerintah (Kominfo) sudah memutuskan bahwa akan menggunakan teknologi industry 4.0 yang tujuannya adalah untuk mengintegrasikan berbagai sistem yang didalam multi event ini sarat dengan multi platform, multi channel, open platform, dan menggunakan teknologi industry ini adalah solusinya, jadi semua kegiatan ini bisa dipantau melalui mobile aplikasi untuk memonitoring sarana dan prasarana,” kata Iklas. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika