Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Dugaan Penyusutan Suara, Bawaslu Akan Tindaklanjuti

Ketua Bawaslu Kabupaten Mimika Yonas Yanampa / Foto: Ricky Lodar

 

Timika, Tabukanews.com - Terkait adanya aksi demo damai yang dilakukan oleh massa dari Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) Kabupaten Mimika di kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mimika di simoang lima SP2, Senin (3/6).

Ketua Bawaslu Yonas Yanampa, S. PSI mengatakan, selaku badan yang mengawasi pelakasanaan tahapan Pemilu di Kabupaten Mimika, memberikan apresiasi dan menerima aspirasi yang diutarakan oleh massa pendemo yang telah datang secara baik-baik untuk menyampaikan aspirasi kepada Bawaslu terkait dugaan akumulasi suara salah satu caleg DPRD Mimika dari partai PKPI.

"Pada prinsipnya kami Bawaslu apresiasi dengan aspirasi yang mereka ajukan ini," kata Yonas ketika ditemui di kantor Bawaslu, Senin (3/6).

Menurutnya, aspirasi tersebut merupakan dasar massa melakukaj demo, sehingga pihak Bawaslu akan menerima dan menampung aspirasi tersebut dan selanjutnya akan dibicarakan ditingkat Bawaslu, apakah memenuhi syarat untuk ditindaklanjuti atau tidak,hasilnya akan di sampaikan kepada caleg dan parpol yang merasa dirugikan.

"Untuk penyampaian tadi kami Bawaslu akan tampung dan nanti akan kita diskusikan, apakah bisa atau tidak? Dan hasilnya seperti apa kami akan follow up kepada yang bersangkutan," terangnya.

Ia mengungkapkan, sejauh ini sebanyak 24 laporan yang diterima oleh Bawaslu Kabupaten Mimika, hanya saja semua laporan tersebut tidak cukup bukti baik formil maupun materil. Disisi lain, berdasarkan UU nomor 7 tahun 2019 laporan yang masuk memiliki batas waktu kadaluarsa baik dari kalender maupun hasil laporannya.

"Untuk melihat semua laporan yang kami tangani hari ini ada sekitar 24 kasus atau 24 laporan, laporan yang masuk ini tidak ada yang komplit sehingga sampai bayas waktu yang ditentukan laporan itu akan kadaluarsa," ungkapnya.

Ia menambahkan, pihak Bawaslu telah bekerja sesuai tupoksi yang mana melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilu di Mimika, dan juga menindaklanjuti adanya laporan dari parpol atau caleg terkait indikasi kecurangan  melalui Bawaslu hingga proses rekapitulasi. Hanya saja setiap permasalahan yang terjadi dintingoat TPS, PPS, harus diselesaikan ditingkat PPD sehingga pada saat rekapitulasi hasil penghitungan suara ditentukan Kabupaten sudah tidak ada masalah.

"Kalau untuk hasilnya itu kami Bawaslu ini pada prinsipnya hanya mengawasi tahapan sampai pleno rekapitulasi," kata Yonas. (Jrl).

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika