Main Area

Main

Dua SSK Brimob Pertebal Pengamanan Di Mimika

Dua SSK Brimob saat tiba di Bandara UPBU Mosez Kilangin Timika/Foto: Istimewa

Timika, Tabukanews.com - Dua Satuan Setingkat Kompi (SSK) dari Brimob Polda Maluku Utara dan Polda Gorontalo, Kamis (22/8) tiba di Bandar UPBU Mozez Kilangin Timika untuk membantu Polres Mimika dalam pemulihan keamanan di Mimika pasca aksi unjuk rasa yang berujung ricuh di halaman Kantor DPRD Mimika, Rabu (21/8) kemarin.

Sekitar 200 personel Brimob perbantuan tersebut akan bertugas selama 11 hari di Polres Mimika dan selanjutnya akan dikembalikan ke Polda asal setelah situasi di Timika benar-benar kondusif, 

Personel Brimob dari Polda Maluku Utara dipimpin oleh Iptu Nafas, sedangkan personel Brimob Polda Gorontalo dipimpin okeh Iptu Prasetyo tiba di Timika menggunakan pesawat Lion Air.

Para personel Brimob perbantuan itu nantinya akan ditempatkan di titik-titik rawan maupun untuk mengamankan sejumlah obyek vital dan strategis di Kota Timika.

Sementara itu, terkait 34 perusuh yang diamankan, Kapolres memastikan 34 orang pelaku tindakan anarkis yang ditangkap sebelum dan usai aksi unjuk rasa warga Papua yang berakhir rusuh pada Rabu (21/8) akan tetap diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

"Sebanyak 34 orang pelaku tindakan anarkis itu sudah kami tetapkan sebagai tersangka. Dari 34 orang itu, 13 orang kami amankan saat mereka melakukan pemalangan jalan, perampasan ban bekas, membawa bensin dan bendera bintang kejora. Sedangkan 21 orang yang lain kami amankan saat mereka merusak Hotel Grand Mozza dan melakukan pembakaran dua unit alat berat (eksavator) di Jalan Cenderawasih. Sementara yang lainnya sudah dipulangkan," kata AKBP Agung. (Tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika