Main Area

Main

Dua Pendaki Vertical Rescue Didatangkan Untuk Membantu Evakuasi Pesawat

Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Budi Purnomo saat memberi keterangan pers/Foto : Tim

Timika,TabukaNews.Com-Dengan melihat serpihan pesawat Twin Otter DHC 6-400 dengan nomor registrasi PK-CDC yang berada pada titik dikoordinat 4 derajat 7’27.11”S/137 derajat 29’18.36”E) 44 Nm. Rad 058 derajat TMK, memiliki ketinggian 13.543 feet dengan kemiringan yang terjal 80-90 derajat,itu membuat heli kesulitan mendarat untuk melakukan evakuasi,oleh karena itu tim SAR mendatangkan dua pendaki Vertical Rescue.

"Kita sudah hubungi teman-teman yang khususnya untuk pendakian tebing terjal,dan mereka dua ini akan tiba di Timika Rabu (25/9),"kata Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Budi Purnomo,saat ditemui wartawan di Bandara Baru Mozes Kilangin,Selasa (24/9).

Disampaikannya,bahwa dua pendaki ini akan mulai melakukan pendakian pagi hari sebelum terkendala cuaca.

"Jadi besok akan dimulai pagi-pagi,keduanya akan diangkut dengan helikopter dan diupayakan dapat diturunkan sedekat mungkin di lokasi jatuhnya pesawat," ungkapnya.

Ia juga berharap kedua pendaki bisa mencapai sasaran utama melakukan evakuasi korban dan rekaman data penerbangan (flight data recorder/FDR) serta rekaman suara kokpit (cockpit voice recorder/CVR) milik pesawat 

Twin Otter DHC 6-400 dengan nomor registrasi PK-CDC.

"Jadi hanya cukup dua orang saja karena heli hanya bisa mengangkut dua orang saja,"ungkapnya.

Untuk diketahui,ditemukan serpihan atau puing-puing pesawat tersebut itu pada Senin (23/9) oleh pesawat CN 235 TNI AU dan Heli SGI yang melakukan pemantauan dan pencarian lewat udara mulai pukul 06.33 wit.

Pesawat Twin Otter DHC6-400 dengan nomor registrasi PK-CDC milik PT. Carpediem Aviasi Mandiri rute Timika-Ilaga hilang kontak pada Rabu (18/9) sekitar pukul 11.00 WIT dengan mengangkut 1600 Kg beras Bulog,yang dipiloti oleh Dasep Sobirin, Co Pilot Yudra Tetuko dan mekanik Ujang Suhendra dengan satu seorang anggota Brimob bernama Bharada Hadi Utomo.(Tim)

 

 

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika