Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika

Main

DPRD Minta Warga Dukung Pembangunan Gedung Baru Puskesmas Kwamki Narama

Timika,TabukaNews.com - DPRD Mimika, Novian Kulla meminta seluruh warga di Distrik Kwamki Narama untuk mendukung rencana pembangunan gedung Puskesmas yang baru di RT 1 Jalur Dua Kelurahan Harapan,Distrik Kwamki Narama, yang lokasinya tidak berjauhan dengan lokasi Puskesmas sebelumnya.

Demikian dikatakannya usai menandatangani Plakat Penggalangan Komitmen mendukung dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam rangka pembangunan gedung baru Puskesmas Kwamki tahun 2021, yang digelar di aula Kantor Distrik setempat pada Jumat 30 April.

Novian yang berasal dari Dapil 4 itu mengungkapkan, sebagai wakil rakyat dari daerah itu ia berharap terjadi sinkronitas antara rencana pemerintah dan keinginan masyarakat. Lewat diskusi yang berjalan agak alot itu telah disepakati pembangunan di lokasi yang baru, yang merupakan tanah hibah dari Tokoh Masyarakat Daud Murib yang menyerahkan seluas 4 hektar tanah dari sebanyak 3 hektar yang dibutuhkan dalam masterplan pembangunan Puskesmas dua lantai itu. Novian mengucap apresiasi atas jasa tokoh Daud Murib itu.

Novian meminta warga mendukung alias tidak menolak pembangunan itu, sebab di masa sulit anggaran gara-gara Pandemi Covid-19 ini justru Kwamki Narama mendapat jatah pembangunan fisik dari Dana Alokasi Khusus dari APBN. Hal ini tidak boleh disia-siakan hanya demi ego kelompok saja, karena lokasi pembangunan bisa saja dialihkan ke daerah lain bila terjadi tembok halangan besar dari warga untuk pembangunan fasilitas kesehatan itu.

Ia menegaskan pembangunan harus kembali berjalan di distrik tertua di wilayah Kota Timika ini sejak stagnan 7 tahun silam gara-gara konflik horizontal masyarakat. Kini saatnya pembangunan di berbagai bidang kembali digalakkan di Kwamki Lama.

Novian Kulla anggota Komisi C DPRD Mimika asal Partai NasDem itu menambahkan,  peran aktif pengamanan dari pihak TNI-Polri di Kwamki Narama agar proses pengerjaan pembangunan berjalan lebih lancar demi kepentingan warga itu sendiri.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Marselino Mameyau mengungkapkan di tahun 2021 ini akan dibangun Puskesmas dua lantai yang bersumber dana dari APBN. Nilai proyek sebesar 9 milyar rupiah lebih di mana Puskesmas dibangun beserta dengan pagar sekeliling dan perumahan bagi tenaga medis. Pengerjaan akan dimulai bulan Mei.

Di tempat yang sama, Kepala Distrik Kwamki Narama, Hence Suebu mengklaim tentang lahan lokasi pembangunan Puskesmas baru itu sudah tidak ada masalah lagi.

Ia mengaku bangga atas proyek itu, sebab baru pertama kalinya ada bangunan berlantai dua di distrik yang dipimpinnya. Bahkan Puskesmas itu bisa menjadi salah satu ikon di Kwamki Narama.

Atas kesepakatan penggalangan komitmen pembangunan gedung baru Puskesmas itu, Kadistrik Hence mengimbau seluruh warga wajib untuk mendukung pembangunan puskesmas ini demi kepentingan warga itu sendiri, terutama di bidang kesehatan. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika