Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

DPRD Minta OPD Maksimalkan Program Kerja di Pedalaman

Elminus B Mom/ Foto: Istimewa


TIMIKA, TABUKANews.com - Operator Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemda Mimika diminta untuk memaksimalkan program kerja yang mereka laksanakan diwilayah pedalaman. Demikian disampaikan Ketua DPRD Mimika, Elminus Mom saat ditemui wartawan dibilangan Cenderawasih, Sabtu, (9/2).

Menurutnya, terdapat OPD yang menjadikan program tersebut sebagai ajang untuk meraup keuntungan semata, karena mereka hanya berkunjung sehari, lakukan pertemuan dengan warga kemudian pulang.

“Mau jadi apa kalau program kerja hanya begitu. Datang ke pedalaman, trus lakukan pertemuan dengan masyarakat, suruh mereka tanda tangan lalu kasih amplop yang ada uang didalamnya. Kami tidak mau seperti itu, karena kami penduduk asli Mimika tidak akan pernah maju, kalau pemerintah masih seperti itu,” tuturnya.

Yang perlu dilakukan adalah, melakukan program kerja secara berkesinambungan serta harus saling koordinasi dengan instansi lain atau OPD lain yang juga melaksanakan program kerja.

“Jangan saling bersaing satu sama lain untuk mencari nama di Pak Bupati. Yang penting adalah apakah program itu benar-benar bermanfaat bagi masyarakat disana atau tidak,” ujarnya.

Sebagai contoh, Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika yang selama ini aktif menjalankan program kerja yang sistematis dan berkesinambungan dibeberapa distrik.

“Seperti itulah yang harus dilakukan, karena memang anggaran yang dikelolah oleh tiap OPD adalah uang yang diperuntukkan bagi masyarakat. Tidak boleh rakus, karena pegawai sudah digaji oleh pemerintah, sehingga dana yang sudah dianggarkan untuk program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat betul-betul difungsikan sebagaimana mestinya,” imbuhnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika