Main Area

pesparawi xiii
dprd kabupaten mimika

Main

DPRD Mimika Gelar Rapat Paripurna Bahas RPJMD

Timika,TabukaNews.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mimika, Jumat (10/7/20). menggelar rapat paripurna  I masa sidang II tentang pembahasan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2020-2024.

Rapat paripurna yang berlangsung di ruang sidang DPRD Mimika, dipimpin oleh Ketua DPRD Mimika, Robby Omaleng didampingi Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, Wakil Ketua I DPRD Mimika dan Wakil Ketua II DPRD. dihadiri oleh anggota DPRD Mimika, forkopimda dan Pimpinan OPD.


Usai paripurna Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyerahkan dokumen RPJMD 2020-2024 kepada DPRD Mimika yang diterima langsung oleh Ketua DPRD Mimika Robby Omaleng.

Ketua DPRD Mimika, Robby Omaleng dalam sambutannya mengatakan, RPJMD merupakan dokumen rencana pembangunan daerah putusan awal 5 tahun kedepan yang isinya merupakan visi, misi dan program kepala daerah.

"Oleh karena itu rencana pembangunan daerah bertujuan untuk peningkatan kinerja, meningkatkan pelayanan publik serta meningkatkan daya saing negara," katanya.

Lanjut Robby, bahwa RPJMD tahun 2020-2024 itu merupakan perencanaan pembangunan daerah periode ketiga dari jangka panjang daerah tahun 2009-2025.

"Pemda telah memahami apa yang harus dilakukan untuk mencapai sasaran dan tujuan pembangunan di Kabupaten Mimika," ungkap Robby.

Selain itu Politisi Partai Golkar ini menyampaikan, dalam penyusunan RPJMD ini DPRD memperhatikan aspek-aspek, seperti pengentasan kemiskinan, ketahanan pangan, peningkatan kesehatan masyarakat, peningkatan perekonomian dan pendidikan.

"Jadi dalam pembahasannya juga dilakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan. Supaya tidak bertengangan tapi saling melengkapi," ungkap Robby.

Dalam sambutan tersebut juga disampaikan,dengan dihadapi situasi pandemi covid 19 ditahun ini menjadi situasi dan kondisi yang mana membuat pemerintah daerah membentuk tim gugus tugas covid 19.

"Kami dari DPRD  juga sudah membentuk tim satgas, serta melakukan langkah konkrit  pengawasan dan memberikan bantuan APD kepada tenaga medis,"ujar Robby.

Kemudian dalam sambutan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng mengatakan, RPJMD 2020-2024 merupakan dokumen resmi perencanaan di daerah dan mempunyai kedudukan dinamis dan strategis kegiatan program-program selama 5 tahun.

"Penyusunan RPJMD 2020-2024 merupakan amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan daerah,sehingga RPJMD yang sudah dirumuskan dengan bunyi Mimika  Cerdas Aman dan Sejahtera itu
bisa dibahas hari ini,"tutup Bupati Mimika.(tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika