Main Area

keluarga besar johannes rettob
keluarga besar tabukanews

Main

DPRD Gelar Pembahasan BBM di Mimika, Kepala Jober Tidak Hadir, Pertemuan Ditunda

Timika, TabukaNews.com - DPRD Kabupaten Mimika mengadakan pertemuan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika dan pihak terkait, guna membahas kelangkaan BBM khususnya minyak tanah, yang terjadi di masa jelang akhir tahun ini. Namun sayangnya Kepala Join Bersama (Jober) Pertamina Mimika tidak hadir dengan alasan sakit.

Pertemuan yang digelar di Aula Serbaguna Kantor DPRD Mimika, Jalan Cendrawasih, pada Selasa (30/11/2021) itu dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Mimika Aleks Tsenawatme, yang dihadiri pada Anggota Dewan dari ketiga komisi DPRD Mimika.

Menurut Aleks, sesuai penjelasan Kasubag Bagian Persidangan Sekretaritat DPRD Mimika, surat undangan pertemuan sudah diantar ke Kantor Jober Pertamina dan mereka menyatakan akan hadir, tapi ternyata pada hari H datang informasi bahwa kepala Jober sakit.

Pada pertemuan itu DPRD Mimika meminta penjelasan Disperindag tentang pasokan kuota BBM dalam satu hari untuk Kabupaten Mimika sebagai referensi awal.

“Rapat tetap kita jalan supaya anggota dewan bisa mendapat informasi awal mengenai gambaran BBM jatah Timika untuk solar berapa kiloliter, pertalite berapa kiloliter, Pertamax juga berapa. Itu saja data awal yang perlu kita tahu, selanjutnya nanti Sekretariat DPRD menjadwalkan kembali pertemuan dalam minggu ini juga,” kata Aleks.

Anggota DPRD dari Partai Nasdem, Anton Palli mengatakan pertemuan terkait permasalahan langkanya BBM ini merupakan agenda penting, sebab warga masyarakat banyak mengeluh terkait hal ini dan harus diselesaikan sebelum Hari Raya Natal tiba agar warga bisa dengan lega menyongsong hari besar Umat Kristen itu.

Dia meminta pertemuan dijadwalkan kembali karena BBM menjadi keluhan sebagian warga Timika saat ini. Sekaligus ia mewanti bila dalam agenda pertemuan selanjutnya Kepala Jober Pertamina tidak hadir juga, maka DPRD akan membawa persoalan ini ke BP Migas, Kantor Pusat Pertamina dan Kementerian BUMN agar mendapat jawaban solusi dari keluhan rakyat ini.

“Tugas dewan merespon keluhan, komentar warga supaya dijawab secara jelas oleh Pertamina. Jika kali berikutnya dia tidak hadir DPRD lanjutkan persoalan ini ke BP Migas, Kantor Pusat Pertamina di Jakarta juga Kementerian BUMN,” sebutnya.

Senada dengan itu, Wakil Ketua Komisi B DPRD Mimika, Herman Gafur, mengingatkan pihak Jober bila tidak hadir lagi maka pihaknya akan meminta pimpinan Jober Pertamina Timika dipindahkan.

Sementara itu Ketua Fraksi Gerindra DPRD Mimika, Nurman Karupukaro menegaskan pimpinan dewan harus sikapi tegas soal BBM in lantaran sudah jadi keluhan mayoritas warga Mimika. Sudah menjadi tugas Pertamina untuk menjelaskan kepada Dewan kenapa BBM sering langka di Mimika dan seklaigus meminta tindakan antisipasi apa yang telah dilakukan Jober Pertamina.

Pihaknya mewanti, bila pihak Jober Pertamina tidak merespon panggilan DPRD Mimika, maka tak segan-segan ia melaporkan hal ini kepada Menteri BUMN Erick Tohir, yang nomor kontaknya berada di handphone-nya. “Bila perlu langsung laporkan saja ke Pak Erick Tohir dan nomor telepon beliau ada di sini,” tandasnya. (Manu)

2022 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika