Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika

Main

DPRD Dorong Swasembada Pangan Digalakkan di Mimika

Timika,TabukaNews.com - Komisi B DPRD Mimika mendorong swasembada pangan digalakkan di Kabupaten Mimika. Hal ini berkaca dari tinjauan langsung ke Kabupaten Bantaeng di Provinsi Sulawesi Selatan, dalam Program Studi Banding DPRD Mimika.

Kepada awak media belum lama ini, Ketua Komisi B DPRD Mimika Rizal Patadan mengungkapkan dorongan ini setelah melihat pertanian maju yang dilakukan masyarakat Bantaeng.

Ia berterima kasih kepada Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng yang sudah mengajak berkeliling melihat langsung pertanian warga Bantaeng.

 “Selama ini kita tidak pahami bahwa ada cara-cara untuk meningkatkan produk pertanian dengan menggunakan rekayasa tekhnologi,” ujarnya.

Politisi asal Partai Golkar itu juga mendorong sektro swasta yang berkaitan dengan penyediaan bahan makanan untuk menggandeng petani lokal Mimika sebagai bentuk turut membangun tanah Eme Neme Yauware.

“Pasar kita jelas karena ada PTFI dan Pangansari, sehingga ke depan kita dorong pemerintah khususnya Dinas Pertanian untuk datang meninjau hal keterlibatan swasta mengedepankan bahan-bahan tanam lokal Mimika,” sebutnya.

Lebih lanjut Rizal mengatakan, kebutuhan pangan di Timika 90 persen mengandalkan kiriman dari luar daerah, sedangkan produksi pangan lokal masih sangat kecil. Karena itu pemerintah diharapkan bisa bermitra dengan Universitas untuk meneliti produk pertananian apa yang tepat untuk dikembangkan di Timika. “bagaimanapun juga kontur tanah di Timika berpasir dengan lapisan tanah yang tipis. Masyarakat harus diedukasi, harus didampingi agar bisa berkebun secara professional. Kenapa kita tidak beralih produk pangan, selama ini kita fokus di Padi tapi hasilnya tidak ada,” tambahnya..

Swasembada pertanian diharapkan bisa menekan harga, sebagai contoh, Wortel di Bantaeng harganya Rp.3.000 rupiah sedang di Timika berkisar Rp. 40.000 sekilo, Bawang di Bantaeng Rp. 10 ribu perkilo. “Kalau sekarang kita budidaya, maka tiga sampai empat tahun ke depan kita sudah bisa nikmati hasilnya,” katanya.

Di Bantaeng Komisi B DPRD Mimika mengunjungi beberapa produk unggulan bidang pertanian di Desa Bonto Marannu Kecamatan Ulu Ere Kabupaten Bantaeng, Rabu (16/6).

Komisi B diberi kesempatan untuk melihat secara langsung pengembangan bibit kentang di Laboratorium Balai Benih Holtikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Bantaeng. Para anggota Dewan dari Kota Dollar itu diberi penjelasan singkat mengenai proses pembibitan.

Komisi B juga dibawa untuk melihat perkebunan warga yang membentang luas di sepanjang Gunung Kembar. Di sana warga menanam berbagai macam tanaman seperti bawang, kubis, kentang, wortel dan masih banyak lagi. Tampak tanaman warga hijau dan subur. Terakhir Komisi B diberi kesempatan mencicipi buah strawberry langsung dari kebunnya.

Selain Ketua Komisi B DPRD Mimika Rizal Patadan, turut dalam kegiatan luar daerah itu Wakil Ketua Herman Gafur, Sekretaris Komisi Tanzil Azharie, serta anggota Aloisius Paerong, Ancelina Beanal, Anthon Pali, Karel Gwijangge, Mathius Yanengga, dan Merry Pongutan, serta staf Sekretariat DPRD lainnya. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika