Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

DPRD Disumpah Perjuangkan Aspirasi, Tapi Bukan Superhero

 

Timika,TabukaNews.com- Selain berbagai peraturan perundangan pemerintah yang melandasi kerja para Anggota DPRD, sumpah janji jabatan saat dilantik menjadi Anggota Dewan merupakan dasar paling murni dalam para Legislator Mimika bekerja memperjuangkan aspirasi suara rakyat.

Demikian dipaparkan Wakil Bapemperda DPRD Mimika Haji Iwan Anwar saat menyajikan materinya dalam kegiatan Kemitraan Eksekutif, Legislatif dan partai Politik di Kabupaten Mimika Tahun 2021, yang digelar Kesbangpol Pemprov Papua di salah satu hotel di Jalan Hasanuddin pada 22 Juni.

“Kita telah mengucapkan Janji Sumpah Jabatan, demi Tuhan Yang Maha Esa, kita akan memperjuangkan aspirasi rakyat. Maka ini merupakan landasan kita untuk bekerja bagi kepentingan warga, sesuai dengan Tupoksi Dewan,”ujarnya.

Dalam memperjuangkan aspirasi, kata Iwan, para Dewan memasukkannya dalam Pokok Pikiran (Pokir) Dewan yang juga harus dikawal dalam Musrembang dan RAPBD sehingga bisa masuk dalam dokumen APBD pemerintah untuk selanjutnya direalisasi OPD Pemkab Mimika.

“Setelah serap aspirasi, kita jadikan Pokir. Dan itu harus masuk di Musrembang sehingga bisa masuk RAPBD. Dan selanjutnya kita kawal sampai benar terakomodir di APBD. Ini bagian dari perjuangan aspirasi rakyat,” imbuhnya.

Namun Pokir Dewan juga harus memperhatikan kewenangan pemerintah setempat dan juga 3 persyaratan. Yaitu : Diatur untuk Dilaksanakan, Diatur untuk TIDAK DILAKSanakan dan Tidak Diatur untuk Dilaksanakan.

Iwan mencontohkan, pembangunan infrastruktur jalan yang merupakan jalan provinsi dan jalan nasional tidak bisa dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika.

“Dari kegiatan Reses Dewan, kita mendapati warga ingin pembangunan jalan. Tapi kalau masuk di Jalan Provinsi atau Nasional, ya tidak bisa,” sebutnya.

Selain itu aturan pemerintah juga sudah tidak mengizinkan program pembangunan fisik bagi rumah ibadah, namun bisa dialihkan ke bantuan Dana Hibah yang selanjutnya digunakan untuk pembangunan fisik rumah ibadah bersangkutan.

Haji Iwan Anwar Legislator Komisi A asal Partai Golkar itu menambahkan, tidak semua aspirasi rakyat bisa dimasukkan dalam Pokir Dewan. Para Anggota Dewan bukanlah seperti superhero yang bisa langsung menjawab kebutuhan warga, karena ada mekanisme dan aturannya serta masing-masing kewenangannya. Ia berharap warga bisa memahami Tupoksi Dewan sebagai pilar pemerintahan di daerah ini.

“Para Anggota DPRD mengucap Sumpah Janji untuk memperjuangkan aspirasi warga, namun tidak semua aspirasi warga bisa terwujud karena ada mekanisme, aturan kewenangannya. Kita ini bukan seperti superhero yang bisa melakukan semuanya. Ada aturan dan kewenangannya,” paparnya.

Iwan komit untuk terus menjadi penyalur dan penyambung aspirasi rakyat bersama seluruh Anggota DPRD Periode 2019 – 2024.

Turut hadir dalam acara itu sejumlah Anggota Dewan diantaranya Ancelina Beanal, Anthon Palli, Matheus Yanengga, Reddy Wijaya, Tanzil Azharie, Yustina Timang, Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola, selain itu Kabid Kesbangpol Provinsi Papua Siti Hijrah, serta Kepala Kesbangpol Mimika Yan Purba dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Marthen Malissa dan pejabat pemerintah dan partai politik lainnya. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika