Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika

Main

DPRD Akan Evaluasi 232 Perda di Mimika

Timika, TabukaNews.com - Sebanyak 232 Peraturan Daerah (Perda) di Kabupaten Mimika akan dievaluasi secara menyeluruh oleh DPRD Kabupaten Mimika bersama pihak eksekutif Pemkab Mimika.

Demikian rencana ini diungkapkan Ketua Badan Pembentukkan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Mimika, Karel Gwijangge, kepada wartawan usai rapat Bapemperda DPRD di Aula Serbaguna Kantor DPRD Mimika Jalan Cenderawasih pada Jumat (11/06).

“Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kabupaten Mimika berencana akan mengevaluasi sebanyak 232 Perda yang telah diterbitkan bersama Pemkab Mimika selama ini,” katanya.

Menurut Karel, dari sekian banyak Perda yang telah terbentuk selama ini, masih sangat minim sosialisasi kepada publik sehingga penerapan Perda itu dinilai tidak maksimal. Seperti dicontohkannya penerapan Perda Miras dan Perda Sampah yang dinilai masih jauh dari penerapannya yang maksimal.

Oleh karenanya, dalam pertemuan pada pekan mendatang, DPRD bersama Pemerintah Kabupaten Mimika akan melihat secara menyeluruh, mengevaluasi Perda mana yang butuh revisi maupun yang sudah tidak relevan sehingga Perda tersebut sudah bisa dicabut.

“Minggu depan kami rencana akan meninjau Perda yang telah ada selama ini, bersama Eksekutif (Pemkab Mimika). Mana Perda yang mubazir, yang harus dibatalkan. Mana yang masih berfungsi, mana yang kurang sosialisasi. Termasuk Perda Miras, Perda Sampah juga akan dibahas,” ungkapnya.

Karel Gwijangge Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Mimika menambahkan, dari pihaknya juga berencana untuk mendorong sebanyak 2 sampai 3 Perda Inisiatif Dewan. Karena selama ini Perda kebanyakan hanya dari usulan OPD Pemkab Mimika saja.

Namun dari rencana pembentukan Perda Inisiatif Dewan ini, tambah Karel, juga perlu mempertimbangkan prioritas urgensinya, juga pertimbangan penganggaran dan waktu kerja DPRD periode sekarang. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika