Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Dor, Berakhir Sudah Petualangan Tiga Pelaku Curas

Timika, TabukaNews.Com - Tiga kawanan pelaku kejahatan pencurian dengan kekerasan (curas) yang selama ini beraksi dan meresahkan masyarakat kota Timika terpaksa harus dilumpuhkan dengan di dor dibagian kaki oleh tim gabungan Satuan Reskrim Polres dan Polsek Mimika.

Ketiga pelaku terpaksa dilumpuhkan karena pada saat dilakukan penangkapan pada Rabu (16/9) di Jalan SP2, Jalur III, gang Mangga ketiganya berusaha kabur.

Ketiganya masing-masing berinisial AT (32), Z(24) dan R (37), selain ketiga pelaku yang sudah ditangkap dan diamankan di Polres Mimika, ada seorang perempuan yang merupakan istri dari Z turut diamankan untuk dimintai keterangan.

"Ketiga pelaku ini merupakan sindikat dan recidivis kejahatan curas antar pulau. Ketiganya terpaksa dilumpuhkan karena berusaha kabur, dan diketahui juga mereka sudah beli tiket untuk kabur ke Manado,"ungkap Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata dengan didampingi Kapolsek Mimika Baru, Kasat Reskrim dan Kabag Ops, di Kantor Sentra Pelayanan Polres Mimika, Rabu (16/9) malam.

Diterangkan Kapolres, dari tiga pelaku yang sudah tertangkap ini, ada dua pelaku AT (32), Z(24) juga pernah terlibat kasus yang sama di Samarinda.

"AT dan Z ini pernah ditahan di Samarinda, namun dibebaskan setelah mendapat remisi karena covid. Kalau R ini berperan sebagai pembantu dengan tugasnya melakukan pemetaan," terang Kapolres.

Lanjut Kapolres, setelah bebas dari tahanan, AT dan Z berangkat menuju Timika melalui Makasar. Ketika tiba di Timika kedua pelaku tinggal dirumah R setelah menghubungi melalui messenger.

"Setelah tiba di Timika mereka langsung melakukan aksi kejahatan curas," ujar Kapolres.

Adapun aksi kejahatan curas yang dijelaskan Kapolres, diantaranya kilo meter 5, dimana korban dari salah satu bank dibuntuti hingga tiba dirumah,yang selanjutnya pelaku mengambil tas yang berisikan uang 6 juta dan handphone.

"Jadi modus mereka menggunakan paku payung kemudian ditempelkan ke ban mobil korban," jelasnya.

Kemudian untuk lokasi kedua, terjadi
di kantor FIF Timika. Dimana mereka menggasak 3 buah laptop, kamera CCTV dan proyektor.

"Dua laptop lainnya sudah kita ketahui dan besok kita akan amankan," ujar Kapolres.

Ketiga di Kantor Pos Timika. Pencurian tertanggal 3 September ini hasilnya berupa uang tunai 3 juta dan materai seharga 18 juta.

“Di kantor Pos mereka masuk tampa merusak gembok,jadi mereka ini belajar dari youtube. Setekah itu mereka bobol brankas,” ungkap kapolres.

Dan kejadian pencurian dilokasi keempat mereka berhasil mengambil uang dari nasabah sebanyak 300 juta.

“Aksi ini mereka lakukan dengan menyewa mobil pajero sport. Mereka curi saat nasabah lengah ketika mau masuk rumah,” ujarnya.

Dari hasil curian, kata Kapolres mereka berbagi tiga serta berbagi kepada satu kelompok lainnya yang juga mempunyai target yang sama.

"Menurut mereka 100 juta diberikan kepada kelompok lain yang pada saat bersamaan juga akan melakukan hal yang sama, kemudian AT dan Z Masing-masing mendapatkan 55 juta sementara R dan SA dapat bagian 45 juta," kata Kapolres.

Dari hasil keterangan yang diperoleh pihak kepolisian, menurut Kapolres bahwa pihaknya belum mempercayai. Pasalnya ketiga pelaku ini adalah recidivis.

“Kami masih dalami yang 100 juta  kemungkinan mereka berbohong. Dari keterangan mereka juga uang yang mereka dapat langsung di transfer ke rekening isteri mereka. Sedangkan sisanya mereka belanjakan pakaian. Ada uang tunai sebesar 3,5 juta kami sita. Terkait ini kami juga akan koordinasi dengan pihak bank apalagi buka tabungan mereka semua masih baru,” ungkapnya.

Diungkapkan Kapolres bahwa keberhasilan menangkap ketiga pelaku curas ini dimana telah melakukan gambaran atau pemetaan sejak tanggal 10 September.

“Karena kita lihat dari rentetan kejadian berurutan, bagaimana mereka cara mencuri serta modus operasi mereka. Sehingga saya pastikan bahwa ini adalah sindikat, oleh karena itu saya perintahkan semua unit operasional baik serse maupun intel untuk membantu cari informasi sindikat ini. Kami juga lakukan koordinasi dengan polres di daerah lain karena ini sindikat,” ungkapnya.

Dari tangan ketiganya, polisi menyita sejumlah alat bukti berupa 1 unit mobil pajero sport, 1 unit honda supra, beberapa ATM dan buku tabungan, uang tunai 3,5 juta, laptop, infokus, pakaian dan beberapa hanphone.(Tim)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika