Main Area

Main

Dolu Kiwak Ditemukan Tewas Dengan Sejumlah Luka

 

Dolu Kiwak (12) warga kampung Mekurima Distrik Kwamki Narama saat ditemukan tewas./Foto : Istimewa

TIMIKA, TABUKANews.com - Seorang mayat berjenis kelami laki laki ditemukan  tewas di jalan poros irigasi tembus kompleks Waker Minggu (4/3) sekitar pukul 17.10 wit. Korban mengalami luka tikam pada bagian pinggang dan sayatan pada leher sebelah kiri serta luka pada bagian perut.Korban diketahui bernama Dolu Kiwak (12) warga kampung Mekurima Distrik Kwamki Narama.

Dari keterangan saksi Beny Saklil yang merupakan tukang ojek mengatakan, bahwa salah satu masyarakat putra daerah  sedang melintas dari arah pasar sentral Irigasi mendapati korban sudah dalam keadaaan meninggal dunia (MD) di TKP.

Saksi Beny Saklil mendatangi TKP untuk memastikan informasi tersebut. Setelah di lakukan pengecekan, bahwa betul di temukan jenazah korban di TKP.  Penemuan jenasah ini diberitahukan kepada tokoh adat Bon Solme serta melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian.

Masyarakat  yang berdomisi di Kompleks Waker bersama Atimus Komangal, Pdt. Lucas Hagabal dan Bon Solme mendatangi TKP.

Tidak berapa lama berselang, Tim Identifikasi Sat Reskrim Polres Mimika bersama personil Regu Patroli Unit Perintis yang tiba di TKP melakukan kegiatan olah TKP.

Setelah olah TKP jenazah tidak bawa ke RSUD Kabupaten Mimika untuk di otopsi melainkan jenazah akan bawa ke Kwamki Narama tepatnya di kelompok tengah kubu Atimus Komangal untuk di laksanakan prosesi adat pembakaran jenazah dengan menggunakan mobil ambulance.

Jenazah almarhum Dolu Kiwak yang tiba di Kwamki Narama kelompok tengah kubu Atimus Komangal di sambut dengan isak tangis dari pihak keluarga dan kerabat korban.

massa kelompok tengah kubu tengah Atimus Komangal dengan mempersenjatai diri berupa parang, kapak dan panah tradisional mulai melakukan persiapan prosesi adat pembakaran jenazah dengan menyiapkan kayu bakar, membersihkan tempat serta membuat tungku pembakaran jenazah.

Bon Solme Tokoh adat meminta kepada pihak Kepolisian untuk membacakan isi surat pernyataan yang di sepakati bersama saat pertemuan beberapa waktu lalu di hotel Resto 66.  Namun, Ipda Suwardi Jawa Kanit Reskrim Polsek Mimika Baru menyampaikan bahwa meminta untuk bersabar menunggu Kapolsek Mimika Baru AKP Frits J. Erari yang masih dalam perjalanan guna untuk memberikan tanggapan.

“Kami mempertanyakan kepada Kapolres Mimika terkait komitmen bersama atas surat pernyataan yang di sepakati pada pertemuan beberapa waktu lalu di Hotel Resto 66 agar tidak membawa alat perang sambil menunggu proses penyelesaian melibatkan Pemda Mimika, Puncak dan Pemda Nduga,” kata Bon Solme.

Penyampaian perwakilan keluarga almarhum Dolu Kiwak meminta kepada pihak TNI/Polri agar memberikan waktu kepada pihak kelompok tengah Atimus Komangal besok untuk perang.

Situasi di Kwamki Narama masih aman kondusif termonitor massa kelompok tengah kubu Atimus Komangal masih bersiaga dengan mempersenjatai diri panah tradisional sementara di massa kelompok bawah kubu Aser Murib terpantau sedang berjaga-jaga dengan melakukan waita merayakan atas terbunuhnya slaah satu kelompok Atimus Komangal. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika