Main Area

pesparawi xiii

Main

DKPP Berhentikan 4 Komisioner KPU

Timika, Tabukanews.com - Empat Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika diberhentikan tetap oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia terhitung sejak tanggal 12 September 2018.

Berdasarkan salinan yang diterima Tabukanews.com menjelaskan terdapat tiga point dalam kesimpulan putusan tersebut yang mana diuraikan setelah memeriksa keterangan para pengadu, dan memeriksa jawaban serta keterangan para teradu dan bukti-bukti dokumen yang disampaikan para pengadu, sekaligus mencermati keterangan pihak terkait dan saksi.

Selanjutnya, DKPP berkewenangan untuk megadili pengaduan pengadu dalam hal ini keempat Komisioner KPU, sebab mereka terbukti melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu pada Pemilukada Kabupaten Mimika.

Dalam putusan tersebut majelis DKPP mengabulkan pengaduan para pengadu untuk sebagian dengan memberhentikan tetap keempat Komisioner.

Keempat Komisioner tersebut diantaranya, Ketua KPU Kabupaten Mimika merangkap anggota Theodora Ocepina Magal, serta dua anggota KPU Yoe Louis Rumaikewi dan Alfrets Petupetu dengan nomor perkara 142/DKPP-PKE-VII/2018.

Sementara itu anggota KPU Derek Motte dan Reinhard Gobay akan merehabilitasi kembali nama baiknya, hanya saja Derek Motte yang mendapatkan sanksi pemerhentian tetap selaku anggota KPU Kabupaten Mimika oleh majelis DKPP.

Tidak sampai disitu, tiga Komisioner Panwaslu Kabupaten Mimika diantaranya, Toni Lehander Agapa, Imelda Rosita Ohee, dan Johannes, E, S Wato pun mendapat sanksi peringatan berdasarkan perkara nomor 142/DKPP-PKE-VII/2018.

Tidak luput juga salah satu anggota Komisioner KPU Provinsi Papua Tarwinto yang mendapat sanksi peringatab dari majelis DKPP berdasarkan perkara nomor 158/DKPP/-PKE-VII/2018 dan 159/DKPP/-PKE-VII/2018.

Hingga berita ini diterbitkan belum ada keterangan resmi dari KPU Provinsi Papua.(Rfl/TB)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika