Main Area

Main

Distrik Usulkan SMP dan SMA Utikini Bangun Tahun Ini

TIMIKA, TABUKANews.com - Pemerintah Distrik Kuala Kencana terus berbenah diri merencanakan pembangunan di pusat ditrik maupun di kampung-kampung sehingga pelayanan bisa efektif dan masyarakat mengalami kemajuan. Salah satu program yang diusulkan adalah pembangunan AMP dan SMA di Kampung Utikini, SP XII yang mestinya bangun dalam tahun anggaran ini.    

Kepala Distrik Kuala Kencana Everth Hindom SSTP MH kepada wartawan  mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab Mimika melalui Dinas Pendidikan (Dispend) Kabupaten Mimika  bisa membangun Sekolah menengah di Utikini dengan harapan anak-anak yang ada dibeberapa kampung dan SP di sana tidak jauh-jauh ke SP 3, ke Timika  atau ke SP7 dan SP 5 untuk sekolah. 

2  Sekolah  Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menegah Atas (SMA) di Kampung Utikini III. Hal ini disampaikannya saat ditemui di Kampung Jimbi Distrik Kuala Kencana Jumat (2/2).

“Di Kampung Utikini sangat butuh  SMP dan SMA, karena dsana adas banyak anak-anak mereka harus turun ke SP atau ke Kota Timika hanya untuk bisa sekolah. Ksihan mereka terlalu jauh, kalau kita pemrintah bisa bangun supaya mereka tidak jauh lagi. Masyarakat disana sangat berharap tahun ini Dispend bangun, kata Everth. 

Evert menjelaskan rencana pembangunan dua sekolah menenghan itu sudah diusukan dalam forum musrembangda pada 2016 lalu. Namun, sampai saat ini belum ada realisasi di lapangan. Usulan ini menjadi asirasi dari masyarakat yang kami distrik ajukan dalam musrembangd0a waktu itu. 

Evert  menambahkan desakan distrik dan masyarakat di beberapa kampung agar pemkab segera membangun SMP dan SMA di sana cukup mendasar, karena di sana belum ada sekolah SMP dan SMA. Selama ini akan-anak di sana kebanyakan datang sekolah ke kota Timika. 

Ia mengatakan, jika dihitung berapa besar biaya satu hari sampai satu bulan kalau anak-anak mereka turun sekolah di kota. Sementara jika dibangun SMP dan SMA di Utikini anak-anak dri beberapa kampung terdekat akan sekolah di sana dan tidak lagi Timika. 

“Soal siswa saya jamin pasti banyak, karena di sana terdiri dari beberapa kampung besar dan jumlah anak usia sekolah begitu banyak. Jika pemkab bangun sekoah di Utikini kami jami nsiswa pasti banyak,” terang Everth. 

Everth berharap keinginan, harapan dan aspirasi  masyarakat Utikin dan sekitarnya yang sudah diusulkan dalam Musrembang 2016 silam bisa diakomodir Disdpend dalam APBD 2018. (dzy/tim)

2018 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika