Main Area

Main

Distrik Miru Gelar Pelatihan Pengelolaan Keuangan Kelurahan Dan Kampung

Kadistrik Mimika Baru Drs. Ananias Faot,M.S.i  saat membuka kegiatan Sosialisasi di Hotel Timika Indah, Jalan Ahmad Yani, Jumat (5/10)/ foto : Dok Tabukanews.com

 

TIMIKA, TABUKANews.com - Kantor Distrik Mimika Baru (Miru),kabupaten Mimika, Papua  melakukan pelatihan kepada Kelurahan dan aparat Kampung Se-Distrik Mimika Baru terkait dengan pengelolaan dana Respek dan dana Desa/Kampung.

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh 11 Kelurahan dan tiga Kampung yang berada diwilayah Distrik Mimika Baru yang dihadiri oleh Kepala Kelurahan dan perwakilan aparat Kampung.

"Kegiatan ini kita lakukan hanya satu hari,kata Kadistrik Mimika Baru Drs. Ananias Faot,M.S.i setelah kegiatan di Hotel Timika Indah, Jumat (5/10).

Disampaikan Kadistrik dilakukannya kegiatan tersebut diharapkan nantinya mereka untuk tidak lupa dalam penyusunan pertanggung jawaban penggunaan dana tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal tersebut dilakukan karena selalu danya keterlambatan dam membuat pertanggung jawaban.

“Intinya kami mengingatkan melalui kegiatan ini kepada tiap kelurahan dan kampung yang telah menerima dana respek maupun dana desa agar membuat laporan pertanggung jawaban. Mereka ini selalu ada yang terlambat dalam menyampaikan laporan tetapi untuk mengambil uangnya dan pemakaiannya cepat,”tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya mengutus pendamping untuk melakukan pengawasan dan pengecekan terhadap pelaksanaan dana respek dan dana desa. Dari setiap laporan pendamping tersebut selalu ada kendala yang menyebabkan terlambatnya pembuatan laporan pertanggung jawaban yang bisa menghambat pencairan dan tahap berikutnya.

"Ada dua pendamping yang selalu keluar masuk mengikuti perkembangan dari pelaksanaan dana desa dan informasi yang selalu kami dapat masalah yang ada adalah dokumentasi kegiatan. Akhirnya kami tegaskan untuk segera selesaikan untuk bisa segera pengusulan untuk tahapan berikut di tahun 2018 ini,”ujarnya.

Sementara itu Kasubdit pengendalian anggaran BPKAD Aris Timang ,mengatakan Pelatihan tersebut harus diberikan kepada penerima dana Respek dan dana Desa agar mereka mengetahui dari awal bagaimana caranya melakukan pengelolaan dan atersebut mulai dari pengangaran, Penggunaan hingga pertanggung jawaban.

Dengan kegiatan ini akan diketahui  dimana dan untuk apa dana tersebut digunakan misalnya sesuai petunjuk penggunaan dana desa tahun 2018 ini adalah Pembangunan yaitu pembangunan jalan dan jembatan sedangkan untuk pemberdayaan masyarakat adalah bagaimana caranya meningkatkan perekonomian dikanpung dan itu merupakan prioritas dana desa tahun 2018. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika