Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Distributor Timika Segera MOU Dengan Disperundag Jatim

Timika, Tabukanews.com - Dua distributor barang program tol laut di Timika, Kabupaten Mimika, Papua segera menandatangani MoU terkait dengan penyediaan barang program tol laut. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Disperindak Kabupaten Mimika, Inosensius Yoga Pribadi kepada wartawan, Kamis (23/8).

Sekretaris Disperindag Kabupaten Mimika, Inosensius Yoga Pribadi ,mengatakan penandatanganan tersebut akan digelar pada 29 - 30 Agustus mendatang di Surabaya yaitu dua distributor gerai maritim di Timika yang mendatangkan barang melalui program tol laut ke Timika.

Menurut Yoga, penandatangan MoU tersebut terkait dengan upaya mengatasi persoalan distribusi barang bukan kategori tol laut menggunakan layanan peti kemas program tol laut yang terjadi beberapa waktu lalu.

Selain itu, MoU tersebut juga dimaksudkan agar dua distributor bisa mengambil barang langsung ke pabrik sehingga tidak ada perbedaan harga jika barang yang mereka datangkan bukan langsung dari pabrik.

Menurut Yoga, upaya tersebut diharapkan dapat mempengaruhi harga barang di Timika sebab pengaruh tol laut di Mimika belum maksimal untuk menekan disparitas harga.

Selain itu Yoga berharap agar pengawasan di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya terkait ekspedisi barang tol laut bisa diperketat.

"Hasil monitoring beberapa waktu lalu harga tol laut yaitu barang sampai ke gudang di Timika itu biayanya sama bahkan lebih mahal dari tol laut. Ketika ditelusuri, ekspedisi di Surabaya yang bermain. Artinya ada barang yang bukan kategori tol laut yang dikirim menggunakan peti kemas untuk tol laut," tuturnya.

Kendati demikian kata Yoga, tidak terjadi gejolak harga barang di Timika selama 2018. Hal tersebut biasanya bisa terjadi jika terjadi kelangkaan barang akibat pasokan ke Timika terganggu apabila terjadi cuaca ekstrem.(Jero/TB)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika