Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Disperindag Tertibkan Pedagang Pasar Sentral Senin Depan

Kepala Disperindag Kabupaten Mimika  Bernadinus Songbes saat menyampaikan arahan kepada para pedagang di Pasar Sentral, Selasa (6/11)/ foto : Evan Soenarie-Tabukanedws.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika akan menertibkan pedagang liar dikawasan pasar sentral pada senin mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Disperindag Kabupaten Mimika  Bernadinus Songbes saat menyampaikan arahan kepada para pedagang di Pasar Sentral, Selasa (6/11).

Dalam pertemuan tersebut turut hadir perwakilan anggota Komisi A, B, C dari DPRD Kabupaten Mimika.

Menurut Songbes, pihaknya akan memberi kesempatan kepada para pedagang yang saat ini masih berjualan dipinggir jalan untuk berbenah dan siap dipindahkan ke dalam gedung pasar yang telah disiapkan.

"Mulai hari ini kami berikan kesempatan untuk bersiap-siap pindah ke gedung yang sudah ada, dan hari Senin kami akan lakukan penertiban," tuturnya.

Dikatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satpol PP Kabupaten Mimika serta Polres Mimika untuk sama-sama melakukan penertiban pedagang pada Senin pekan depan.

"Sekitar 200 lebih anggota Satpol PP dibantu anggota Polres Mimika dan Polsek Mimika Baru siap untuk melakukan penertiban Senin depan," tuturnya.

Songbes juga mengatakan, bahwa penertiban pasar tersebut dilakukan dalam rangka menyambut Pesparawi dan Adipura tahun 2019 mendatang serta kegiatan PON ke XX pada tahun 2020.

"Agar kita tahu bersama, bahwa untuk memperoleh Adipura, pasar ini harus dikelola dan ditata terlebih dahulu," ujarnya.

Ia meminta kepada para pedagang untuk bisa mengikuti instruksi yang ia sampaikan, sehingga pasar tidak lagi terlihat semrawut.

"Buat apa kita bangun pasar kalau pedagang tidak mau dengar dan lebih memilih berdagang diluar. Mau tidak mau kita harus tegakkan aturan ini, meskipun secara bertahap yang dimulai dari bagian belakang, tengah dan depan," terangnya.

Sementara itu, Darminti (52) salah satu pedagang mengatakan, bahwa ia dan pedagang lainnya bersedia direlokasi asalkan penertiban tersebut berlaku bagi semua pedagang.

"Kita tentunya harus taat pada pemerintah, dengan catatan semua pedagang harus ditertibkan. Jangan sampai ada yang tetap berjualan diluar pasar," imbuhnya. (Tim)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika