Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Disperindag : Pedagang Pasar Sentral Tidak Taat Buang Sampah

Aktifitas lapak di. pasar

TIMIKA, Tabukanews. com– Dinas Perindusrrian dan Perdagangan (Disperindag) mengakui para pedagang di Pasar Sentral tidak taat membuang sampah sehingga menyebabkan penumpukan di selokan air ataupun di sekitaran lapak.

Padahal di Pasar Sentral telah ada lebih dari satu petugas pengangkut sampah dan telah ada tempat khusus yang disiapkan untuk membuang sampah. Namun yang menjadi masalah adalah setiap pedagang tidak membuang sampah di tempat yang telah ditentukan tersebut. 

“Hal itu yang akhirnya membuat petugas pengangkut sampah jadi malas. Kalau petugas terus melayani mereka, maka akan menjadi kebiasan bagi mereka untuk membuang sampah tidak pada tempatnya. Intinya mereka tidak taat membuang sampah,” ungkap Sekretaris Disperindag, Inosensius Yoga Pribadi, Kamis (26/9).

Selain karena hal itu, kata Yoga yang membuang sampah di dalam kompleks pasar bukan hanya pedagang, tetapi juga ada masyarakat luar yang datang menumpukan sampah rumah tangga di tempat sampah khusus dalam pasar sentral itu. 

“Yang banyak itu sampah rumah tangga seperti pembalut, pemperes bayi dan yang lainnya. Kalau yang dari dalam pasar paling banyak berupa sayur dan buah-buahan yang tidak laku terjual,” jelasnya.

Untuk menyikapi hal itu, ke depannya Disperindag akan membangun tempat pembuangan sementara (TPS) yang permanen. 

Karena itu, diharapkan agar seluruh warga pedagang ataupun masyarakat luar bisa mentaati aturan yang telah ditentukan.

“Petugas pengangkut sampah itu ditempatkan oleh kontraktor. Percuma juga kalau banyak petugas kalau warganya tidak taat,” katanya. (tim) 

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika